Jumat, 30 Juli 2010

Memperingati SysAdminDay 2010

Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan pemelihara sistem, bahwa setiap hari Jumat terakhir di bulan Juli dirayakan sebagai "Hari Administrator Sistem Sedunia" guna memberikan penghargaan kepada para SysAdmin yang telah bertanggung jawab atas kelangsungan sistem TI sepanjang tahun dan beroperasi tiada hentinya. SysAdminDay 2010 kalai ini jatuh pada tanggal 30 Juli 2010 merupakan acara yang dirayakan untuk ke 11 kalinya sejak ditetapkan sebelas tahun lampau.

Tanpa banyak diketahui pengguna, kelangsungan layanan seperti Facebook, Google atau sistem yang ada dikantor masing-masing bisa berjalan dengan baik adalah berkat kerja keras para SysAdmin, walaupun mereka acapkali masih menuai banyak komplain dari pelanggan atau penggunanya. Paling tidak satu kali setahun "System Administrator Appreciation Day" (SAAD) atau hari penghargaan untuk para Administrator Sistem telah mengingatkan kepada kita tentang karya positif mereka yang menjaga kelangsungan operasional sistem TI di organisasi masing-masing selama ini.

Adalah seorang SysAdmin yang membongkar pasang box kemudian menanamkan sistem operasi (Linux, FreeBSD atau lainnya), menambahkan patch keamanan, meyakinkan bahwa ruangan server dan power selalu dalam kondisi baik dan nyaman untuk sistem, kemudian memantau stabilitas sistem, menambahkan paket-paket software yang dibutuhkan dan memastikan sistem backup berfungsi dengan baik.

Lebih lanjut, adalah para SysAdmin yang dibebani tanggung jawab terhadap sistem jaringan, (tidak sebatas hanya di ruangan server saja), memasang router, menarik kabel, mengkonfigurasi jaringan, setup firewall dan mengisi hari-harinya dengan memantau lalu-lintas data. SysAdmin juga mengamankan sistem terhadap gangguan atau ancaman, baik yang datang dengan sengaja sebagai crackers atau secara kebetulan, semuanya tanpa harus mengurangi kenyamanan penggunanya.    

Untuk semua itu, penyelengara SysAdminDay Internasional telah menyerukan agar semuanya menunjukkan sikap dan memberi penghargaan kepada para Administrator Sistem di lingkungan masing-masing dalam bentuk apapun. Pada kesempatan ini perkanankan GudangLinux Indonesia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua jajaran SysAdmin (tidak sebatas pengguna FOSS) dan khususnya kepada yang telah membantu dalam menjaga kelangsungan situs-situs GudangLinux.