Selasa, 09 November 2010

Komersialisasi Open Source: "Control and Community"

Divisi bidang Open Source dari Grup Konsultan 451 menerbitkan sebuah studi kualitatif tentang pemanfaat Software Open Source berikut studi bandingnya untuk aneka strategi perusahan selama kurun waktu tertentu.

Sebagai perimbangan antara kontrol dan komunitas diidentifikasikan oleh bidang CAOS (Commercial Adoption of Open Source) dari Grup 451 berdasarkan pengalaman sebagai sebuah keyakinan untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan Open Source.

Studi yang diterbitkan membahas data yang dikoleksi mencakup strategi Open Source dari 300 perusahan pengembang yang mengkomersialisasikan software berikut 286 pengguna, kemudian dibandingkan dengan data serupa dari studi dimasa lampau. Gabungan dari analisa tersebut dirilis dengan titel "Control and Community".

Berdasarkan hasil pantauan peneliti pasar, Ekonomi Open Source kini telah mencapai tahapan keempat dimana telah terjadi pergeseran dan menujukkan bahwa perusahan yang tadinya berkiprah mandiri di lingkungan Open Source kini beralih kembali ke model pengembangan berbasis kolaborasi dengan komunitas, sementara profit yang dihasilkan datangnya dari kegiatan tidak terkait secara langsung.  Baca selebihnya ...