Rabu, 01 Desember 2010

Beredar: InfoLINUX Desember 2010

Sebagai topik utama di bulan terakhir tahun 2010 diketengahkan InfoLINUX tentang Manajemen Bandwidth dengan WebHTB. Yang menarik bagi kolektor sisipan bonus DVD-DL kali ini adalah distro Ubuntu 10.10 dan Kubuntu 10.10 Maverick Meerkat. Bila kurang puas dengan tatanan aplikasi di distro "The Perfect 10" ini, diungkapkan di bagian tutorial "Tahapan Membangun dan Memaket Ulang Paket Ubuntu/Debian". Bonus DVD menyertakan hasil animasi film layar lebar SINTEL yang dibuat menggunakan aplikasi open source profesional Blender.

Game yang dibahas adalah Bubble Train 0.1 dan Mine Escape 1.0, sementara bahasan tentang buku-buku terkait dengan Linux adalah Beginning Android 3, Fedora 13 Virtualization Guide dan Introduction to the Command Line.

Software Pilihan kali ini terdiri dari: Frogatto 1.0.2; Zoph 0.8.2; NetXMS 1.0.5; Coccinella 0.96.20; GTalk Video Chat 1.4.1; Gnome Gmail 1.7; Kids in Mind 1.0; OpenGTS 2.2.7; dan TCExam 11.1.005.

Sebagai Praktik Instan dibahas cara mengakses Google dari Terminal dan untuk Net-Admin dipaparkan tentang Analisis dan Statistik Log Apache Web Server dengan Awstats.

Rangkaian Tutorial membahas antara lain: Bagian 2 dari 2 tulisan tentang Kentang: Program Monitoring Jaringan Sederhana; Menjalankan GIMP secara Command Line; Memberi Nomor Baris pada File Teks; Tahapan Membangun dan Memaket Ulang Paket Ubuntu/Debian dan Manajemen Data Pribadi dengan Git.

Workshop diisi dengan topik-topik seperti: Hitung Produksi Per Jam; Harga Sebelum dan Sesudah Diskon; Konveksi Nilai Mata Uang US$ ke Rp; Perhitungan Bobot Massa Index [BMI]; Panggil Fungsi dengan Nama Fungsi; Mendapat Load Average System; Mendapatkan Nama Processor [CPU] dan Mendapatkan Modul-modul yang Di-load.