Minggu, 16 Januari 2011

25 Tahun Internet Engineering Task Force

Internet Engineering Task Force (IETF) yang merayakan hari jadinya yang ke 25 pada tanggal 16 Januari 2011 adalah organisasi internasional yang sejak keberadaannya telah menghasilkan sekitar 4500 standarisasi untuk protokol penting yang menjadi basis atas kelangsungan Internet Protokolls (TCP/IP), mulai dari Routingprotocol BGP sampai dengan standar untuk eMail SMTP.

Hari ini 25 tahun lalu, di sebuah pertemuan di San Diego yang terdiri dari 21 peneliti asal institusi negara Amerika, dan sebagai lanjutan dari pertemuan ke 4 dari Gateway Algorithms and Data Structure Task Force (GADS), sekaligus merupakan pertemuan pertama sejak terbentuknya Internet Engineering Task Force (IETF). Bagi pengembang atau yang berkiprah di Internet lainnya, pertemuan itu merupakan hari lahirnya sebuah organisasi yang mengatur standarisasi Internet.

Berbeda dengan ISO atau ITU, IETF menyelenggarakan tiga pertemuan tahunan tanpa voting terhadap rancangan-rancangan standarisasi baru. Sebuah proses standarisasi yang beda, tidak mengenal hirarki formal seperti presiden atau raja, namun memiliki keyakinan berdasarkan konsen dan kode pemrograman yang berfungsi.

Pada awalnya organisasi ini digerakkan oleh peneliti yang kebanyakan berasal dari lingkungan Defense Advance Research Project Agency (DARPA), namun lambat laun dominasi institusi US menurun dan saat ini disepakati memilih tempat pertemuan dibagi merata setiap tahunnya masing-masing di benua Amerika, Eropa dan Asia. Hari jadi yang jatuh pada hari ini akan dipestakan pada pertemuan di bulan Maret di Praha, sementara pertemuan untuk benua Amerika diadakan di Canada disusul menjelang akhir tahun pertemuan di Taipei.

Seperti biasanya perusahan-perusahan terkait seperti Cisco mengirim beberapa lusin pengembangnya ke IETF, sementara Institusi pemerintah Amerika seperti National Institute for Standards and Technology (NIST) menjadikan IETF sebagai mitra. Pejabat pimpinan IETF saat ini  Russ Housley yang juga menjadi co-author untuk sertifikasi X.509 (RFC 5280), dalam surat sambutannya berterima kasih atas keberhasilan IETF selama 25 tahun keberadaannya: "Standar-standar IETF telah mendukung segala aspek demi kesinambungan tumbuhnya dan pengembangan Internet selanjutnya." Ia juga menekankan soal keunikan proses standarisasi IETF yang berlangsung terbuka dan ketersediaan standar-standar "Request for Comment" (RFC) tanpa biaya.

Happy Birthday IETF!