Selasa, 08 Maret 2011

Oneiric Ocelot: Nama Untuk Ubuntu 11.10

Menyusul Natty Narwhal (NN) untuk rilis Ubuntu 11.04, terpilih Oneiric Ocelot (OO) sebagai nama yang telah diputuskan untuk Ubuntu 11.10 yang terbitnya dijadwalkan pada bulan Oktober 2011. Pilihan nama-nama lain yang tersedia antara lain Orange Okapi dan Osculant Orang-Utan. Pimpinan Canonical, Mark Shuttleworth menyebutkan alasan memilih Oneiric Ocelot karena ia ingin sesuatu sebagai sebuah "impian". Oneiric berasal dari bahasa Yunani "oneiro" (Όνειρο) yang artinya "mimpi". Nama tersebut menurut Shuttleworth merupakan cermin dari kompetensi para pengembang Ubuntu dan fantasi dari proyek Ayantana, yaitu separuh mimpi siang (daydream) dan separuh disiplin.

Rencana kongkrit untuk Oneiric Ocelot juga dijabarkan Shuttleworth di Blognya. Desktop Unity akan terus disempurnakan, terutama menyediakan versi 2D disamping agar desktop jenis baru ini dapat digunakan dengan baik. Kecuali itu Qt-Framework yang sedikit terbengkalai karena Nokia sibuk berkiprah ke Windows Phone, akan mendapat perhatian khusus dan dipelihara Ubuntu dimana pengembang bisa membuat GUI yang menarik.

Dukungan untuk Cloud akan dibahas lebih lanjut agar dapat memusatkan upayanya untuk platform tertentu yang implementasinya ditargetkan di rilis LTS berikutnya yaitu Ubuntu 12.04 LTS.