Sabtu, 02 April 2011

Natty Narwahl: Ubuntu 11.04 Beta Diujicoba

Natty Narwhal, nama untuk Ubuntu 11.04 kini sedang merapat untuk mempersiapkan diri agar bisa hadir tepat waktu pada tanggal 28 April 2011. Minggu ini versi Ubuntu 11.04 Beta telah diluncurkan untuk diujicoba publik.

Sistem Ubuntu 11.04 ditenagai menggunakan kernel terbaru versi Linux 2.6.38, ditambahkan dengan aplikasi serba baru seperti LibreOffice 3.3.2 dan Firefox 4, termasuk peningkatan terutama di Software Center.

Dengan kernel versi terbaru, Ubuntu sekaligus telah diperkaya dengan fitur-fitur baru seperti sistem keamanan AppArmor, dukungan untuk Intel IPS (Intelligent Power Sharing), meniadakan Big Kernel Lock, dan peningkatan pada sistem berkas (file system) ke sistem Btrfs, Ext4, dan XFS.

Komponen-komponen lainnya yang ditingkatkan termasuk GCC 4.5, Python 2.7, Dpkg 1.16.0, dan Upstart 0.9, disamping peningkatan pada X.org 1.10.0 dan Mesa 7.10.1 sebagai basis untuk akselerasi 3D. Kecuali itu Natty Narwhal telah meng-update Network Manager, dan menggunakan Banshee 1.9.5 sebagai alat pemutar musik standar untuk menggantikan Rhythmbox.




Ubuntu Netbook Edition (UNE) kini ditiadakan dan dianggap telah mubazir karena tampilan Unity tidak lagi jauh beda dengan UNE. Ubuntu Server diperkuat dengan cobbler dan mcollective untuk membantu pengelolaan server dalam jumlah besar. Software Powernap 2.0 disertakan untuk memantau aktifitas tanpa perlu membebani sistem, dan sekaligus menyokong penghematan enerji. Komponen server lainnya yang di-update termasuk DHCP-Server, pengelola awan Eucalyptus dan libvirt, sementra OpenStack disertakan untuk evaluasi.