Sabtu, 25 Juni 2011

Majalah InfoLINUX 2011 Juni

InfoLINUX bulan Juni 2011 mengemas bonus DVD berisi distribusi Ubuntu 11.04 Natty Narwhal edisi desktop, server dan alternate, plus update. Juga distro dari keluarga Ubuntu versi yang sama seperti Kubuntu, Xubuntu dan Lubuntu tidak lupa disertakan.  Sebagai bahasan utama diangkat topik "Single Node Clustering" yang memaparkan "Konfigurasi clustering dengan Hadoop". Topik lain yang dikedepankan (cover story) adalah Pengelolaan Data Pegawai berbasis web menggunakan DSP, Amankan SSH via Shorewall, Deteksi Modem Haier C100 dan Buat Sendiri Boneka Lucu menggunakan aplikasi Inkscape.

Topik Editorial bulan ini membahas tentang bagaimana "Cari Uang Dengan Ubuntu". Disusul dengan serangkaian berita Aktual yang menyampaikan kabar tentang "Perusahaan Jerman Migrasi 10.000 Mesinnya ke Ubuntu", "Google Summer of Code", "Fitur Terbaru VirtualBox", "OpenGamma, Software Analisis Finansial, Kini Open Source", "IGOS Sematkan GNOME 3", dan "Wikitext Parser Sweble".

Dari rubrik Opini, pembaca dapat bersama Budi Rahardjo, "Mencari Model Bisnis Baru", kemudian Michael S. Sunggiardi yang menyampaikan apa yang terjadi selama keberadaan "Dua Puluh Tahun Linux", sedangkan I Made Wiryana menjelaskan tentang "Linux untuk Komputasi Rural".

"Surat Anda" yang dikirimkan ke InfoLINUX dibahas dalam kolom yang disediakan. Bahasan seputar "Distro" meliput "Ubuntu 11.04 Desktop" dan "Kubuntu 11.04 Desktop". Untuk "Game", kali ini dibahas permainan "ToyCars 0.3.10" dan "Pyksoko 0.3.3".

Pembahasan tentang "Buku", meliput buku-buku: "Asterisk: The Definitive Guide", "Digital Forensics with Open Source Tools" dan "Official Ubuntu Book, The (6th Edition)".

Sebagai "Software Pilihan" dibahas paket-paket aplikasi seperti: "Joomla! 1.6.3", "Wine 1.3.18", "VLC 1.1.9", "Deja Dup 18.1.1", "Ultimate Smash Friends 0.1.4", "Rainlendar Life 2.8.1", "MangaED 2.1", "Dropbox 1.1.25", "Claroline 1.10.4", "Open Teacher 2.0", "GNOME Shell 3.0.0.2", "Firestarter 1.0.3", dan "Hash Checker 3.9.9".

Seperti telah disinggung, topik "Utama" diisi tentang "Single Node Cluster dengan Hadoop"

Berita dari "Komunitas" meliput tentang "PUTY Adakan Linux Goes to School" dan "Migrasi Linux PDAM TKR Tangerang". Sementara "Praktik Instan" disisi dengan "Aplikasi Manajemen Personalia".

Untuk "Net Admin" dibahas tentang "Metode Port Knocking dengan Shorewall untuk Membuka Port SSH" kemudian merinci "Dafter Warnet Berbasis Linux di Indonesia".

"Tutorial" kali ini mengajarkan tentang "Tmux: Terminal Multiplexer Alternatif GNU Screen", "File Sharing dengan Samba Scannedonly", "Instalasi OpenPublish (bagian 1 dari 2 tulisan)", dan "Multiboot OS di Media Flashhdisk".

Dalam satu halaman "Tip&Trik" diungkap "Beragam Tip Perintah Kill". Tema yang dibahas di rubrik "Workshop", meliputi: "Bertwitter Ria dengan Hotot", "Membuat Objek Boneka", "Mengambil Gambar pada File .doc", "Mudah Menulis Bahasa Arab", "Deteksi Modem Haier C100", "Live, Install dan Setup Ubuntu 11.04", dan "Mengurutkan Baris dengan Perintah Sort"

Di halaman terakhir dibocorkan sedikit menganai "Edisi Mendatang"