Minggu, 19 Desember 2010

Fedora 14: Ambisi "Laughlin" Di Awan


Belum ada 6 bulan setelah Goddard (Fedora 13), proyek Fedora telah menyusulkan versi Fedora 14 "Laughlin" pada tanggal 2 November 2010 sebagai distribusi yang namanya diambil berdasarkan ahli fisika Robert B. Laughlin. Versi baru Fedora ini memiliki ambisi di awan, diklaim mampu memroses berkas Jpeg lebih cepat, dan disamping menyediakan virtualisasi untuk desktop yang melibatkan SPICE (Simple Protocol for Independent Computing Environments) juga banyak melakukan perbaikan untuk para pengembang.


Misalnya Libjpeg sekarang diganti dengan Libjpeg-Turbo, yaitu sebuah Fork yang mampu menggandakan kecepatan proses dekoder dengan menggunakan perintah-perintah MMX dan SSE. Karena itu, sejumlah aplikasi bawaan Fedora yang juga memanfaatkan paket tersebut akan menikmati keuntungan kinerja, terutama dirasakan oleh komputer usang.

Laughlin telah menggandrungi Cloud-Computing yang belakangan ini menjadi buah bibir dunia TI dengan menyediakan Ferdora 14 untuk pengguna Amazons Public-Cloud-Service EC2 dan untuk itu berjanji akan senantiasa melakukan pemeliharaan dimasa mendatang. Latar belakang yang mendukung ambisi Fedora di awan dipaparkan pengembang Justin Forbes di sebuah artikel dan di Fedora-Wiki. Baca selebihnya .....