Kamis, 03 Maret 2011

Majalah InfoLINUX 2011 Maret

InfoLINUX Edisi Bulan Maret 2011 membahas Server All-in-One, baik untuk perkantoran dan terutama untuk warnet sebagai topik utama, menggunakan distribusi Linux Clear OS 5.2 (sebelumnya ClarkConnect). Sebagai bonus dikemas dalam DVD Double Layer distro Mandriva 2010.2 Free Edition dan Clear OS 5.2.

Para pakar TI menyampaikan opininya mengangkat topik "Triumph of the Nerd" (I Made Wiryana), "Enterpreneur Berbasiskan Teknologi" (Budi Rhardjo) dan Michael S Sunggiardi mengangkat tema "Produk Teknologi Belum Siap Jual".

Buku-buku yang diliput kali ini termasuk buku "Configuting IPCop Firewalls", "Open ERP for Retail and Industrial Management", "Pentaho Solutions : BI dan Data Warehouse".

Sofware yang dibahas meliputi Software Game: "World of Padman 1.5.1" dan "Zero Ballistics 2.0.1". Sementara software pilihan lainnya adalah: "Nokia Qt SDK 1.0", "MyNmap 0.50", "VP-UML 8.1", "Type Trainer 0.3.1", "Bazaar-GTK 0.99.0", "ASKBOT 0.6.65", "GTimeLog 0.5.0", "GMySQLcc 0.3", "ConvertMyCurrency  0.4.2".

Pembahasan distro server ClearOS merupakan topik utama bulan ini terutama dalam kasitasnya untu mengamankan Warnet. Untuk meningkatkan pengetahuan Net Admin disuguhkan topik "Proteksi LAN dari Virus Internet dengan Squid dan C-ICAP Server" dan "Daftar Warnet Berbasis Linux di Indonesia"

Tutorial kali ini membahas "Web Browsing Command Line dengan twill" dan "Tool Firewall untuk Distro Ubuntu". Sedangkan topik-topik untuk Workshop meliputi: "Membuat Video Tutorial Inetraktif", "Membuat Objek Ikan Kartun Sederhana", "Tentukan Besarnya Poin untuk Tim Sales", "Hitung Jumlah Data dalam Beberapa Range", "Hitung Nilai Inventory dengan SUMPRODUCT ()", "Membulatkan ke Bawah Suatu Nilai", "Python untuk platform Java" dan "Instal Mandriva sebagai Desktop dan Server". Sebagai Praktik Instan dibahas "SDK Nokia untuk Platform Linux".

Serba-serbi komunitas melaporkan kegiatan "Acara Kopdar BlankOn Surabaya" dan "Pendirian Komunitas Linux di Tegal".