Jumat, 08 April 2011

Rangkuman Rilis Distro Maret 2011 Bagian-2

Bagian kedua dari rangkuman berikut ini membahas rilis distribusi: UTUTO 2011, SuperGamer Supreme 2.5, Ultimate Edition 2.9, Linux Mint 10 "LXDE", m0n0wall 1.33, Saline OS 1.3, Macpup 520, Trisquel GNU/Linux 4.5, GParted Live 0.8.0-5, Zenwalk Linux 7.0, Bodhi Linux 1.0.0, Foresight Linux 2.5.0, Zenwalk Linux 7.0 "Openbox", openSUSE 11.4 "Edu Li-f-e", dan Clonezilla Live 1.2.8-23. Untuk Linux skala perusahan telah rilis di bulan Maret Mandriva Linux 5.2 "Enterprise Server", Zorin OS 4 "Business". Tetap dalam lingkup Open Source tapi bukan Linux dibahas rilis dari ReactOS 0.3.13, OpenSourceDVD 23.

UTUTO 2011 (2011-03-15):
UTUTO adalah distribusi berbasis Gentoo Linux asal Argentina yang menawarkan pilihan empat lingkungan desktop (GNOME, KDE, LXDE dan Xfce) sekaligus. Pengembangnya Daniel Olivera mengumumkan rilis versi UTUTO 2011 yang datang dengan banyak perbaikan termasuk: sebuah "super kernel" Linux berikut ratusan patch dan modul-modul ekstra dan sistem 'super-fast boot'; dukungan untuk instalasi baik via DVD maupun USB menggunakan 'installable live system'; memperluas dukungan untuk hardware; menyediakan sistem konfigurasi pintar 'intelligent system auto-configuration'; perbaikan pada kartu jaringan yang menjamin selalu tersabung ke jaringan Ethernet, 3G, Bluetooth dan koneksi nirkabel (wireless); telah mengintegrasikan dukungan untuk pengembangan Java dengan OpenJDK; menyediakan virtualisasi berikut akselerasi video terintegrasi dengan desktop; secara default telah terpasang desktop 3D tanpa perlu 'hardware acceleration'.

SuperGamer Supreme 2.5 (2011-03-15):
SuperGamer adalah distribusi Linux khusus untuk bermain Games spuasnya, merupakan distro games pertama dalam format Dual-Layer LiveDVD [8 GByte]. Darin VanCoevering, pimpro dari Proyek SuperGamer mengumumkan peluncuran edisi SuperGamer Supreme 2.5, merupakan lanjutan dan update dari versi Supreme SuperGamer 2. Rilis ini tepatnya mengandung 7.9 GB konten games dan bisa dijalankan langsung dari DVD drive yang umumnya telah mampu menjalankan dual-layer DVD atau bisa juga dari 16 GB Flash drives. Distro ini juga mengemas paket-paket software seperti: Firefox 4 beta; Flash 10.2; VLC yang telah di-update. SuperGamer Supreme 2.4 memasang kernel Linux 2.6.27.57 yang telah mendukung wireless; paket NDISwrapper ter-update dan telah ditambahkan modul Intel wireless. Untuk aplikasi game juga telah ditambahkan dengan game IconquerU berikut driver untuk kartu grafis NVIDIA dan ATI.

Ultimate Edition 2.9 (2011-03-15):
Ultimate Edition adalah distribusi LiveDVD berbasis Ubuntu dengan pilihan empat desktop (KDE, GNOME, Xfce and Openbox), menyertakan banyak aplikasi ekstra, driver hardware dan media codecs. Pengembangnya Glenn Cady mengumumkan peluncuran rilis versi Ultimate Edition 2.9, dibangun menggunakan versi Ultimate Edition 2.8 yang juga telah menngunakan versi Ubuntu 10.10 'Maverick Meerkat' sebagai basis pengembangannya. Semua update dan upgrade yang tersedia saat rilis telah disertakan, kernel lama telah ditimpa dengan yang baru, initrd baru dan vmlinuz telah dibangun ulang. Ultimate Edition 2.9, seperti juga semua rilis dengan versi penomoran ganjil lainnya, adalah difokuskan untuk pengguna KDE dan dipasang secara default. Kendati demikian Ultimate Edition 2.9 tidak lupa menyertakan lingkungan desktop lainnya termasuk GNOME, Openbox dad Xfce yang dapat dipilih saat login. Distro ini juga telah menyertakan banyak theme baru (pilihan sebanyak 121 theme) dan segudang software anyar.

Linux Mint 10 "LXDE" (2011-03-16):
Linux Mint adalah distribusi desktop dikenal merupakan alternatif terhadap Ubuntu yang menawarkan baik penampilan maupun cara penggunaan berbeda. Mint sangat popular dan  memiliki basis pengguna yang luas, menduduki ranking 2 setelah Ubuntu diatas semua distro desktop Linux lainnya. Pertengahan bulan Maret, Clement Lefebvre, pengembang utama Linux Mint mengumumkan rilis edisi Linux Mint 10 "LXDE", sebuah desktop LXDE yang ringan berlandasan versi Ubuntu 10.10, melengkapi koleksi desktop "Julia" Mint 10 Gnome dan KDE yang telah terbit sebelumnya. Yang baru bersama edisi LXDE ini adalah: Linux Mint 10 LXDE datang membawa software yang telah ditingkatkan dan disempurnakan ke status terkini berikut fitur-fitur baru yang dijanjikan dipastikan akan memanjakan penggunanya. Software Manager yang disertakan diklaim dapat memberikan 'browsing experience' lebih indah, berikut pengkategorian software lebih baik dilengkapi dengan ikon dari  masing-masing aplikasi. Untuk mengurangi beban koneksi Internet, pengguna bisa menandai (centang) aplikasi-aplikasi tertentu agar tidak lagi diupdate secara otomatis. Kecuali itu, Update Manager juga menunjukkan besaran dari masing-masing berkas yang di-update untuk mengetahui bandwidth yang diperlukan.


m0n0wall 1.33 (2011-03-16):
m0n0wall adalah distro khusus firewall menggunakan basis FreeBSD. Manuel Kasper telah mengumumkan terbitnya versi m0n0wall 1.33, sebuah firewall berbasis 'tiny' FreeBSD. m0n0wall 1.33 menambahkan image tipe baru untuk PC generik yang hanya mmiliki konsol serial, disamping telah memperbaiki dukungan IPv6, termasuk driver jaringan untuk chipset Realtek lebih baru, berikut sejumlah koreksi dan perubahan kecil. Perubahan termasuk: update ipfilter ke versi 4.1.33; aturan inbound NAT kini dapat ditambahkan di LAN interface dengan alamat WAN sebagai target, dan membantu dalam mengakses server dengan 'optional interface' dari LAN interface yang menggunakan alamat WAN IP m0n0wall, disamping beberapa perbaikan lainnya.

Proyek m0n0wall beritikad untuk membuat paket software firewall embedded yang lengkap dan dapat digunakan bersama PC-embedded menjadi sebuah perangkat firewall berfitur penuh seperti ditemukan pada 'commercial firewall boxes' (termasuk 'ease of use'), semuanya murah dan baik. m0n0wall menggabungkan versi bare-bones dari FreeBSD berikut sebuah web server, PHP dan sejumlah paket utiliti.  m0n0wall barangkali merupakan sistem UNIX pertama yang menggunakan konfigurasi boot-time menggunakan skrip PHP.

Saline OS 1.3 (2011-03-20):
Saline OS adalah distribusi berbasis Debian GNU/Linux menggunakan desktop Xfce secara default. Pengembangnya Anthony Nordquist mengumumkan rilis dari versi Saline OS 1.3. Sejak rilis SalineOS 1.3 dimungkinkan untuk mengganti bahasa dan tipe keyboard saat instalasi berlangsung dan manual yang disediakan tidak hanya dalam bahasa Spanyol. Perubahan termasuk fitur baru dapat disimak di 'release announcement'.

Macpup 520 (2011-03-21):
Macpup adalah distro ringan dengan desktop Enlightenment 17 dan menggunakan Puppy Linuxsebagai basis. Salah satu pengembangnya Johnny Lee telah mengumumkan rilis dari versi Macpup 520. Macpup 520 adalah berbasis versi Puppy Linux 5.2 'Lucid', sekaligus kompatibel dilevel binari dengan paket software untuk Ubuntu 'Lucid Lynx'. Macpup 520 menyertakan semua aplikasi asal Lucid Puppy, dan menambahkan Firefox 4.0rc1. Aplikasi selebihnya seperti Opera atau GIMP disediakan dan dapat diunduh atau dipasang dengan mudah menggunakan perkakas Quickpet yang ada di iBar atau menggunakan Puppy package manager.

Trisquel GNU/Linux 4.5 'Slaine' (2011-03-24):
Trisquel GNU/Linux adalah distro yang sepenuhnya mengandung software bebas sebagaimana disyaratkan FSF (Free Software Foundation) . Pimpro proyek ini, Rubén Rodríguez telah mengumumkan rilis versi Trisquel GNU/Linux 4.5, sebuah desktop yang memanfaatkan Ubuntu sebagai basis pengembangannya. Rilis ini membawa banyak perbaikan dan pembaruan yang antara lain telah mempermudah melakukan peningkatan menggunakan paket software dari induknya (Debian). Slaine juga datang membawa boot manager baru untuk live image, dan beberapa program baru seperti  klien remote desktop Remmina, klien jejaring sosial Gwibber atau perkakas backup Deja-dup. 'Slaine' menggunakan Ubuntu 10.10 sebagai basis, menyertakan paket utama seperti kernel Linux-libre 2.6.35, X.Org 7.5, GNOME 2.32, Mozilla browser 3.6.15 dan OpenOffice.org 3.2.

GParted Live 0.8.0-5 (2011-03-24):
GParted LiveCD adalah distro utiliti berbasis Debian Linux yang utamanya didisain untuk membuat partisi di hardisk berikut beberapa perkakas penyelamat (rescue) lainnya. Pengembang Steven Shiau mengumumkan rilis versi GParted Live 0.8.0-5 yang membawa sejumlah pembaruan seperti: kernel Linux 2.6.38, penambahan paket OpenSSH dan lainnya.

Zenwalk Linux 7.0 (2011-03-25):
Jean-Philippe Guillemin mengumumkan rilis versi Zenwalk Linux 7.0, sebuah distro desktop berlandasan Slackware dan versi desktop Xfce 4.8. Seperti pada rilis sebelumnya, Zenwalk Linux 7.0 tetap berorientasi untuk desktop, Internet dan multimedia. Zenwalk 7.0 merupakan tahapan penting dalam evolusi perkembangan distribusi ini yang menerapkan beberapa perubahan baik di level sistem maupun level pengguna. Di level pengguna dilakukan peningkatan pada lingkungan desktop XFCE ke versi 4.8.1 yang membawa fitur baru VFS, memungkinkan untuk CIFS dan SFTP berbagi 'browsing' melalui 'file manager' serupa dengan fitur yang digunakan GNOME, namun diklaim jauh lebih cepat. Panel baru yang dipasang mendukung fitur transparansi dipaket berikut banyak plugins dan berfungsi 'out of the box'. Kecuali itu Zenwalk telah mengganti paket perkantoran OpenOffice.org dengan paket kompatibel yang sama dari LibreOffice.

Beberapa hari setelah versi standar menggunakan XFCE diluncurkan, pengembang  Markus Muttilainen terkait telah merilis edisi Zenwalk Linux 7.0 "Openbox" (2011-03-29) yang memanfaatkan lingkungan desktop Openbox yang ringan. Pengembangan rilis ini dipusatkan untuk mendukung pengguna pemula dengan menyediakan desktop terpadu dan 'easy-to-use Openbox' versi stabil terkini berikut tampilan artwork baru. Paket software utama yang disertakan termasuk kernel Linux 2.6.37.4, glibc 2.13, Mozilla Firefox 4.0, Mozilla Thunderbird 3.1.9, Gnumeric 1.10.12 dan AbiWord 2.8.6. "Tweak it till you geek it. Have fun!"

Bodhi Linux 1.0.0 (2011-03-26):
Bodhi Linux sebuah distribusi berbasis Ubuntu luncurkan versi stabil perdananya  versi Bodhi Linux 1.0.0 dengan desktop ringan Enlightenment 17. Rilis ini memperbaiki beberapa kekliruan dan menyempurnakannya. Baca semua perubahan di daftar 'change log'.

Foresight Linux 2.5.0 (2011-03-28):
Rilis Foresight Linux 2.5.0 diumumkan Og Maciel, pengembang distribusi ini yang dibangun menggunakan rPath sebagai basis. rPath adalah distribusi dengan rilis-jalan (rolling-release) dengan fitur pengelola paket bernama Conary.  Foresight Linux 2.5.0 menyertakan tiga jenis desktop utama GNOME 2.32.1, KDE 4.6.1 dan Xfce 4.8 disamping set software aplikasi yang up-to-date termasuk kernel Linux 2.6.35.11; browser Chromium dan Firefox, Banshee, F-Spot, OpenShot, Hotot, Pidgin, Gimp dan banyak lainnya.

RIPLinuX 11.8 (2011-03-28):
Recovery Is Possible (RIP) adalah distribusi berbasis Slackware yang ditargetkan untuk digunakan sebagai sistem  boot/rescue/backup/maintenance. RIPLinux mendukung banyak sekali jenis sistem berkas termasuk 'filesystems' seperti Reiserfs, Reiser4, ext2/3, iso9660, UDF, XFS, JFS, UFS, HPFS, HFS, MINIX, MS DOS, NTFS, dan VFAT disamping menyertakan sejumlah perkakas untuk 'system recovery'. RIPLinux mendukung sistem penyimpanan IDE/SCSI/SATA, PCMCIA, RAID, LVM2, dan sistem jaringan Ethernet, DSL, cable, PPP dan PPPOE.

openSUSE 11.4 "Edu Li-f-e" (2011-03-29):
Proyek openSUSE divisi pengembangan distribusi khusus pendidikan merilis openSUSE 11.4 "Edu Li-f-e" yang diumumkan oleh salah satu pengembangnya Jigish Gohil. Distro openSUSE 11.4 "Edu Li-f-e" (Linux for Education) menggunakan rilis openSUSE 11.4 sebagai basis, menyertakan kumpulan software terseleksi untuk digunakan oleh para mahasiswa, guru dan orangtua murid. Pilihan software lebih dari 150 aplikasi meliputi segalanya yang diperlukan untuk sebuah 'computing experience' yang produktif, baik dirumah (autodidak) maupun di institusi pendidikan langsung digunakan 'out of the box'. Software aplikasi termasuk tools peningkatan mental seperti Brain Workshop dan GBrainy, aplikasi sain seperti Chemtool, program matematika seperti Euler, software pengembangan seni grafis seperti TuxPaint dan GIMP.

Clonezilla Live 1.2.8-23 (2011-03-29):
Steven Shiau mengumumkan rilis dari distribusi Clonezilla Live 1.2.8-23, sebuah versi baru dari LiveDistro khusus untuk 'disk cloning'.  Rilis stabil Clonezilla Live 1.2.8-23 menyertakan peningkatan, perubahan dan perbaikan dan mengupgrade basis sistem operasi Debian 'Sid' yang digunakan ke status per tanggal 2011-03-28, mengupdate kernel ke Linux 2.6.38, Partclone di-update ke versi 0.2.22; Live-boot di-update menjadi versi 2.0.15, disamping mengaktualisasi 'language files' serta menambahkan paket-paket aplikasi baru seperti - disktype, ufsutils; kemudian meng-update Memtest86+ ke versi 4.20. Juga ditambahkan adalah mekanisme untuk men-check apakah image yang disimpan bisa dipulihkan (restorable) dan mekanisme yang lebih baik untuk menangani multiple slices di sistem BSD. Media Clonezilla Live 1.2.8-23 (stable) ukuran saku tersedia baik untuk 32 maupun 64 bit.

Rilis Distro Linux Edisi Komersil:

Mandriva Linux 5.2 "Enterprise Server" (2011-03-18):
Perusahan pendukung Mandriva Linux mengumumkan ketersediaan edisi skala perusahan Mandriva Enterprise Server (MES) 5.2, merupakan update untuk distribusi komersial berorientasi server yang simpel, berkinerja tinggi dan handal. Fitur-fitur yang ditawarkan MES 5.2 termasuk antara lain ketersedian driver yang lengkap mendukung kelancaran proses instalasi dan kernel Linux yang diupdate ke versi 2.6.33. MES 5.2 mendukung sepenuhnya virtualisasi menggunakan KVM atau Xen. Kecuali itu, MES 5.2 memiliki 'software setup' yang ramah pengguna berikut 'configuration wizard' dan sebuah penglola direktori LDAP yang mudah digunakan untuk Mandriva Directory Server, disamping solusi backup yang powerful dan banyak layanan untuk messaging lainnya. Fitur-fitur seperti file & printer sharing, web hosting, network management dan fitur standar lainnya. Mandriva Enterprise Server 5.2 ditawarkan sebagai langganan layanan yang dibandrol dengan harga mulai dari €299 per tahun dan dapat diorder langsung melalui website Mandriva Linux.

Zorin OS 4 "Business" (2011-03-18):
Pengembang proyek Zorin OS, Artyom Zorin terbitkan edisi Zorin OS 4 "Business" edition, sebuah distribusi komersilal berbasis Ubuntu Linux. Zorin OS 4 Business menyertakan semua tools yang dibutuhkan untuk menjalankan UMKM 'out of the box'. Software untuk bisnis yang disertakan sangat beragam dan lengkap termasuk untuk pembukuan, akutansi, analisa stok, basis data, eceran (retail), suit perkantoran dan lainnya. Menggunakan Zorin OS 4 Business yang bebas Pungli (Pungutan Lisensi), pemilik usaha terutama UMKM dipastikan dapat menghemat banyak biaya. Software Zorin OS 4 Business tersedia untuk arsitektur 32 dan 64 bit dan dapat diperoleh langsung dari pengembangnya dengan imbalan sebesar €7.00.

Rilis FreeSoftware lainnya:
  • Debian GNU/Linux 6.0.1 (2011-03-20): dikoreksi menjadirilis versi 6.0.1a (2011-03-24) sehubungan dengan kekliruan pada pembuatan media.
  • ReactOS 0.3.13 (2011-03-28): Perbaikan pada dukungan Grafik
  • OpenSourceDVD 23 (2011-03-23): Opensource-DVD merupakan kompilasi dari software aplikasi bebas (umumnya Open Source) untuk dijalankan di sistem operasi Windows dan Linux.

Bagian pertama Rangkuman Rilis Distribusi Linux dan BSD bulan Maret 2011 telah membahas rilis VortexBox 1.8 disusul dengan rilis-rilis KANOTIX 2011-03, Scientific Linux 6.0, Sabayon Linux 5.5 "E17", "LXDE", "Xfce", Linux From Scratch 6.8, GnackTrack R6, Peppermint OS Ice-10012010, IPFire 2.9 Core 47, Gentoo Linux 11.0, Scientific Linux 6.0 "Live", Alpine Linux 2.1.5, Fusion Linux 14, openSUSE 11.4, Vinux 3.0.1, Joli OS 1.2, GhostBSD 2.0, Calculate Linux 11.3, dan Vyatta 6.2.