Minggu, 10 April 2011

CentOS 5.6 Telah Tersedia

Telah tersedia, CentOS atau Community ENTerprise Operating System yang dibangun memanfaatkan kode sumber RHEL (Red Hat Enterprise Linux) 5.6 sebagai landasan. Seperti halnya pada RHEL 5.6, maka CentOS rilis ini juga menyertakan Kernel Linux 2.6.18 yang oleh Red Hat telah ditingkatkan dan mendukung sistem berkas Ext4 secara default. Disamping mengaktulisasi paket software yang ada, Centos 5.6 menyertakan paket baru termasuk bind97, hplip3 dan php5.3. Bersamaan dengan rilis kali ini, tim pengembangnya juga telah mengaktifkan lumbung repositori CentOS-Debuginfo.repo yang mengandung informasi Debug.

Walaupun secara teknis CentOS 5.6 tidak berbeda dengan RHEL 5.6, pengembangnya telah melakukan beberapa penyesuian terutama perubahan optik berkaitan dengan penampilan. CentOS 5.6 menyertakan lingkungan desktop Gnome 2.16, suit perkantoran OpenOffice.org 3.1.1, Browser Firefox 3.6.13 dan klien email Mozilla Thunderbird 2.0.0.24.

Sejak penerbitan versi CentOS pertama (v2.1) di tahun 2002, CentOS hampir selalu diluncurkan tidak lama setelah tersedianya kode sumber dari rilis RHEL versi yang sama. Jadwal penerbitan kali ini ternyata tidak lagi memenuhi tenggang waktu seperti sebelumnya dan CentOS 5.6 membutuhkan waktu lebih lama yaitu hampir tiga bulan setelah RHEL 5.6 dirilis pada pertengahan bulan Januari lalu. Tidak lama kemudian juga telah disusul dengan rilis RHEL 6. Keterbatasan sumberdaya dan rilis ganda (RHEL 5.6 dan 6) merupakan kendala utama, disamping keharusan tim pengembangnya untuk menyediakan perbaikan terhadap beberapa versi CentOS berjalan.

Tim pengembang CentOS menerbitkan media untuk versi 5.6 ini, yang terdiri dari installer berupa DVD dan CD termasuk sebuah LiveCD, dan tersedia masing-masing untuk arsitektur 32 dan 64 bit. Pengguna versi CentOS 5.5 dipersilakan untuk melakukan peningkatan mengunakan Yum.