Jumat, 13 Mei 2011

Banyak Perbaikan Di phpMyAdmin 3.4

Pengembang phpMyAdmin mengumumkan ketersediaan versi baru phpMyAdmin 3.4.0 yang telah melakukan banyak perbaikan dan penambahan fitur baru terhadap tools pengelola basis data MySQL.


Diantara banyak pembaruan (terbanyak dalam sejarah rilis phpMyAdmin), termasuk perkenalan sejumlah fitur-fitur baru seperti antarmuka yang lebih sederhana untuk ekspor dan impor data, sebuah Query-Builder grafis dan sebuah Editor untuk tipe data string ENUM/SET. Perbaikan juga pada sejumlah komponen dari phpMyAdmin yang misalnya memungkinkan penggunaan teknik AJAX.

Perbaikan lainnya adalah termasuk perbaikan pada preferensi pengguna dan pada penampilan diagram. Ia juga mendukung pengeksportan sebuah skema relasi (Relation schema) ke berbagai format. Menurut koordinator utama Michal Čihař telah diluruskan lebih dari 160 Bugfixes, merupakan jumlah terbanyak yang pernah dilakukan selama ini. Pembaruan atau fitur-fitur baru kebanyakan merupakan hasil dari keikutsertaan proyek ini di ajang “Google Summer of Code” tahun lalu.

Tentang phpMyAdmin:
phpMyAdmin adalah tool software bebas yang ditulis menggunakan bahasa 
pemrograman PHP dan dibuat dengan tujuan untuk menangani pengelolaan 
dan administrasi basis data MySQL melalui World Wide Web. phpMyAdmin 
mendukung pengoperasian MySQL secara luas, dan kebanyakan pengoperasian 
didukung menggunakan "unser interface" seperti pada: managing databases, 
tables, fields, relations, indexes, users, permissions, dan lainnya. 
Kecuali itu, pengguna masih tetap bisa mengeksekusi semua 
"SQL statements" secara langsung.