Kamis, 23 Juni 2011

Apache Traffic Server 3.0.0 Dirilis

Apache Software Foundation (ASF) baru-baru ini merilis versi 3 dari Apache Traffic Server. Solusi Traffic Server ini, tidak lain adalah sebuah Proxy-Server, yang bertugas melakukan penyimpanan sementara atau caching terhadap konten agar penyampaiannya bisa lebih cepat, dan sekaligus memangkas beban dari server yang dilayani.

Apache Traffic Server tepatnya merupakan HTTP/1.1 Caching-Proxy-Server, memiliki keunggulan pada latency yang minimal disamping dukungan untuk SMP yang terukur. Kecuali itu, solusi ini menyediakan Plugin-API, disamping mendukung pengelola untuk sesi dan manajemen konfigurasi, otentikasi, routing dan load balancing.

Proyek Apache Traffic Server dihibahkan oleh Yahoo kepada ASF pada tahun 2009,  sebelumnya diperoleh dari akuisisi terhadap perusahan Inktomi. Yahoo juga telah menggunakannya selama lebih dari sepuluh tahun, dimana Apache Traffic Server telah bertanggung jawab atas pengiriman konten untuk para pengunjung situs Yahoo. Berdasarkan data yang diperoleh dari ASF, Traffic Server yang digunakan di Yahoo memroses saat ini lebih dari 400 TB data.

Pembaruan-pembaruan terpenting di versi 3.0 antara lain adalah dukungan untuk sistem dengan arsitektur 64-Bit dan IPv6. Disamping Linux, platform yang didukung secara resmi adalah FreeBSD, Mac OS X dan Solaris. Kecuali itu, Apache Traffic Server 3 juga mendukung Web Cache Communication Protocol (WCCP). Algotritma RAM-Caching juga telah ditingkatkan. Pengembangnya mengklaim bahwa perbaikan di rilis ini tidak hanya pada peningkatan kecepatan, namun juga dalam hal pengelolaan memori yang lebih baik. ASF juga menyebutkan peningkatan "throughput" hampir tiga kali lipat disamping menurunkan faktor latency. Menurut data yang diperoleh dari hasil sebuah Benchmarks menyebutkan, bahwa kemampuan server dalam penyampaian paket-paket kecil yang langsung dikirim dari RAM menggunakan sebuah server High-End, ternyata bisa melayani sampai 220.000 permintaan per detik.

Pembaruan lainnya dirinci di ASF-Blog, dan selama pengembangan versi 3.0, telah diluruskan sekitar 380 kekeliruan yang dirinci di daftar Change-Log. Paket software Apache Traffic Server 3.0.0 telah tersedia bebas di situs resminya untuk diunduh.