Jumat, 10 Juni 2011

Telah Terbit: Manual Resmi Untuk Ubuntu 10.10

Proyek Manual Ubuntu ("Ubuntu Manual Project") terbitkan edisi baru manual lengkap membahas sistem operasi Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat). Manual dengan titel "Getting Started with Ubuntu 10.10" ini didisain untuk semua tingkat pengguna mulai dari pemula (beginner) sampai dengan pakar (advance) dan semua diantaranya, mengandung materi how-tos esensial, seperti "guides", "basic information" tentang Linux dan komponen-komponennya, termasuk segalanya yang perlu diketahui setelah menanamkan Ubuntu di komputer.

"Getting Started with Ubuntu 10.10" merupakan dokumen setebal 156 halaman [PDF 4,4MB] diharapkan bisa membantu terutama pengguna Ubuntu 10.10 untuk memahami bagaimana cara kerja sebuah sistem operasi dan bersahabat dengan "Maverick Meeerkat dalam penggunaanya hari-hari. Manual yang digarap komunitas secara gotong royong, juga diterjemahkan ke 52 bahasa dunia lainnya yang saat ini belum semua rampung. "The Ubuntu Manual" diklaim mudah dipahami termasuk mereka yang kali pertama berurusan dengan Linux atau Ubuntu.

Sistem operasi Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) merupakan rilis normal Ubuntu nomor 13 dengan dukungan (update dan perbaikan) selama 18 bulan tersedia baik untuk desktop maupun server. Di dapur pacu "Maverick Meerkat" terdapat lingkungan desktop GNOME 2.32.0, mesin kernel Linux 2.6.35.3, disamping driver video Nouveau, X.Org 7.5, Xorg Server 1.9.0, Compiz Fusion 0.8.6 dan banyak aplikasi.