Rabu, 31 Agustus 2011

Majalah InfoLINUX 2011 Agustus

InfoLINUX bulan Agustus 2011 dengan rubrik utama yang membahas distro Sabily 11.04 bad'r dengan fitur-fitur terbarunya dan disertakan dalam sisipan media bonus DVD-DL. Rubrik lain yang juga dikedepankan membahas cara membuat gateway dengan distribusi Linux Zentyal yang juga berfungsi sebagai firewall, load balancing, termasuk proxy cache semuanya merupakan bagian dari bahasan di topik 'Praktik Instan'.

Topik lain yang menghisai sampul InfoLINUX bulan Agustus 2011 adalah Android yang dikupas abis di pada rubrik 'Tutorial', seraya menjelaskan tentang konsep dan pengertian antarmuka pada platform Android secara gamblang. Rubrik 'Distro' yang tidak pernah dilupakan membahas distro Indonesia: IGOS Nusantara 2011 6.0.1a. Sedangkan untuk para sistem administrator seperti biasanya tersedia rubrik 'NetAdmin' yang mengungkapkan cara penghematan kapasitas harddisk dengan membangun sebuah server NFS.

Berita Aktual meliput antara lain: "Toyota Bergabung dengan Linux Foundation", "Rilis Pertama JDK 7", " No Search for Domain co.cc", "CERN Meluncurkan Lisensi Open Hardware", "Twitter Akuisi BackType", dan "Java Script Berbasis PDF"

Opini para pakar diisi oleh Budi Rahardjo: Teori Investasi 101, Michael S. Sunggiardi: Komputasi Awan, dan I Made Wiryana: Latihan Kepemimpinan dengan OSS.

Dua software Game yang dibahas adalah: "Jwltief 1.1.0", dan "The Legend of Edgar 0.87". Sementara Buku yang diliput adalah: "Joomla! Developer’s Handbook", "Linux Essentials" dan "SUSE Linux Enterprise Server Administration".

Daftar software pilihan kali ini termasuk: BRL-CAD 7.20.0, Google Earth 6.0.3.2197, Blender 2.58, pyNekketsu 0.04, wfrog 0.8.1, LilyPond 2.15.3, yEd 3.7.0.1, Instantbird 1.0, Arista 0.9.7, DVDx 4.0.0.4, Silicon Empire 1.7.3, LFTP 4.3.1, dan DragonDisk 0.85.
 
Acara komunitas yang mendapat perhatian khusus kali ini adalah: "ITC Bring Linux to School", dan "KPLI Riau Adakan Ubuntu Release Party".

Bagian 'Tutorial' mengenengahkan topik: "Mengelola Tugas dengan Task Coach", "Memetakan Pikiran dengan Freemind", "Desain Antarmuka Grafis User Aplikasi Android", dan kumpulan "Tip&Trik".

Di rubrik 'Workshop' dibahas : "Belajar Audio Editing dengan Audacity", "Tombol Kemilau (Shiny Buttons)", "Membuat Surat Invoice", "Membuat Objek 3D Sederhana dengan Blender", dan "Mengenal GNOME Shell dengan IGN2011".

Sebagai penutup tidak dilupakan penyertaan sebuah "Kuis" guna mengisi waktu luang sambil menanti "Edisi Mendatang".