Sabtu, 20 Agustus 2011

Ubuntu 11.10: Scopes dan Lenses Gantikan Places

Untuk mempermudah akses data di Ubuntu 11.10 Oneiric yang akan tersedia dua bulan kedepan, pengembangnya akan menyertakan sejumlah perubahan dan penyempurnaan pada antarmuka desktop Unity yang mulai diperkenalkan di edisi sebelumnya 11.04 Natty Narwhal.

Menurut pemaparan yang disampaikan di blognya pendiri Ubuntu Mark Shuttleworth, Unity mendatang diberi kemudahan dalam mengakses data menggunakan sistem penyaringan (filter) baru. Sistem pencari universal yang sampai sekarang yang dikenal sebagai "Places" akan diganti dengan "Scopes" dan "Lenses".

Menggunakan Scopes, pengguna dapat melakukan pelacakan di sistem lokal termasuk sumber-sumber yang berada di dalam jaringan (daring) seperti layanan daring (online) Ubuntu One yang ditawarkan Canonical. Scopes juga meng-index dan mengkategorikan data untuk disaring, sementara Lenses mengatur penampilan data yang dihasilkan oleh Scopes.

Untuk semua itu, menurut Shuttleworth sejumlah pengembang proyek Zeitgeist telah diberdayakan di tim pengembangan Unity. Misalnya agar Software Center bisa ditelusuri berdasarkan kriteria-kriteria tertentu dan filter dikembangkan bertahap tanpa mengurangi kemampuan intuitifnya. Menggunakan Lenses atau lensa dimungkinkan misalnya pencarian secara langsung seperti video di YouTube atau pencarian di helpdesk askubuntu.com.

Fitur Dash yang berada disudut kiri atas dalam bentuk tombol yang di Ubuntu 10.04 berfungsi sebagai menu start untuk Unity, digusur dan kali ini dipindahkan ke posisi paling atas di lajur Launcher (dock) sebelah kiri. Hal itu dilakukan berdasarkan hasil penelitian "Usability" atas kebiasaan pengguna dengan kecenderungan yang mencari tombol dash di Launcher. Di sudut kiri atas desktop kini ditempatkan tombol untuk menutup jendela-jendela yang aktif. Efek blur dan transparansi yang menghiasi latar belakang dimaksudkan untuk memperbaiki ketajaman penampilannya.




Peluncuran Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot dijadwalkan pada tanggal 13 Oktober 2011.