Senin, 08 Agustus 2011

XWAX: Linux untuk Vinyl-DiskJockeys

Software open source Xwax adalah sebuah aplikasi Digital Vinyl System untuk DJ (DiskJokeys) digunakan sebagai emulator Vinyl untuk Scratch dan Mix. Versi stabil Xwax 1.0 yang dirilis awal Agustus 2011 lalu mengadopsi lisensi bebas GPLv2 dan tersedia untuk dijalankan di sistem operasi Linux.

Aplikasi ini memungkinkan para DJ dan Turntablists menggunakan piringan hitam khusus berisi Timecode, dan sebuah PC Linux dengan kartu suara berkualitas memadai, untuk melakukan manipulasi terhadap file audio digital (MP3, Ogg Vorbis, FLAC, AAC dan lainnya), dengan hasil seolah file audio tersebut berasal dari sebuah piringan hitam analog.

Xwax dapat dijadikan padanan untuk software proprietari serupa seperti Final Scratch dan sistem xwax diklaim mampu bersaing atau bahkan memiliki kinerja yang lebih baik daripada sistem komersil yang ada.

Xwax didisain baik untuk beat mixing maupun scratch mixing mendukung needle drops, pitch changes, scratching, spinbacks dan rewinds, seperti rekaman yang dicetak di sebuah vinyl (piringan hitam) yang akurat, stabil dan cepat.

Software Xwax menggunakan kernel Linux dengan patch Realtime, seperti juga Soundserver Jack berikut Jack-Rack. Distro-distro Gentoo Linux dan Arch Linux telah menyediakan paket software xwax 1.0 sementara untuk Ubuntu Oneiric menyusul.