Senin, 28 November 2011

VectorLinux 7.0 Gunakan XFCE 4.8

VectorLinux 7.0 (kode 'GG') yang baru saja dirilis menurut tim pengembangnya telah dibangun dan dioptimalkan selama dua tahun terakhir. VectorLinux adalah salah satu distro yang tertua yang dibangun diatas Slackware dan selama ini diklaim sebagai distro ringan yang cepat. Hal itu pada versi 7.0 kali ini lebih digarisbawahi dengan memasang kernel Linux 3.0.8 dilengkapi dengan aneka Multimedia-Codecs.

Berbeda dengan distro popular lainnya, VectorLinux 7 tidak menggunakan Gnome atau KDE sebagai pilihan untuk desktop, melainkan memberdayakan secara default desktop XFCE versi 4.8 yang ramping. Sebagai alternatif tersedia desktop Fluxbox, disamping sejumlah aplikasi ringan seperti Gnumeric 1.10.12 dan Abiword 2.8.6 untuk perkantoran, Firefox dan Opera sebagai browser, Pidgin dan XChat untuk pesan obrolan. Sebagai program mendukung grafik disertakan Gimp, Inkscape, dan sebagai editor Video disediakan Shotwell seperti juga beberapa pemutar media: Mplayer, Xine dan Exaile.

Agar bisa menikmati VectorLinux 7, pengguna cukup menyediakan perangkat komputer mulai Pentium 3, dengan 128 MB RAM dan spasi hardisk  5 GB.

VectorLinux menerbitkan dua jenis media, pertama yang khusus untuk di intalasi dan kedua adalah media liveCD yang juga bisa diinstal. Keduanya pada saat ini tersedia untuk 32 bit, sedangkan untuk 64 bit akan disusulkan pengembangnya.