Rabu, 30 November 2011

Majalah InfoLINUX 2011 Nopember

Pada edisi November 2011 majalah InfoLINUX ini, disertakan sebagai bonus sekeping media DVD-DL yang mengemas Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot) dan Lubuntu 11.10. Dalam sebuah artikel juga diexplorasi Oneiric Ocelot agar pembaca dapat mencicipi pesona distribusi Ubuntu 11.10 versi DVD. Sebagai topik utama bulan ini diangkat panduan lengkap membangun sebuah mail server untuk kebutuhan kantor.
Diawali dengan Editorial yang membahas "Fenomena Ubuntu dan Android", pembaca disuguhkan berita Aktual yang meliput: "Rilis Final Kernel Linux Versi 3.1", "Edisi Komunitas Metasploit", "Vodafone WebBook", "Pengembangan phpcloud.com dari zend", "NAS Berbasis Linux Debian", dan "NoScript” untuk Mobile.

Opini para pakar dibahas oleh Budi Rahardjo: "Metodologi Pengujian Sistem", Michael S Sunggiardi: "Kisah Dua Steve", dan I Made Wiryana: "Mengunjungi Tempat Kelahiran Linux".

Setelah menjawab semua surat Anda dibahas Distro: Ubuntu 11.10 Desktop dan Lubuntu 11.10 Desktop yang disertakan bersama bonus DVD.

Dua Game yang disertakan dan dibahas kali ini adalah FreeCol 0.10.2 dan OpenTTD 1.1.3. Sementara liputan Buku membahas: "The Basics of Hacking and Penetration Testing", "Tweeting Linux", dan "Ubuntu Unleashed 2012 Edition".

Sebagai Software Pilihan diliput: "OpenEMR 4.1.0", "Webmin 1.570", "Realtime Sunlight Wallpaper 0.4", "STANTOR-DOMODULOR 0709b", "Wammu 0.36", "Slipstream 0.1", "mail2sh 1.4-3", "OpenCards 2.0.1", "DRBD Management Console 0.9.9", "GNU ddrescue 1.15 Pre2", "phpPgAdmin 5.0.3", "MKVToolnix 5.0.1", dan "sokit 1.2".

Topik Utama membahas cara "Membangun Server Mail Sederhana dengan Zimbra". Liputan seputar kegiatan Komunitas membahas tentang "KPLI NTB Selenggarakan ILC 2011", dan "KOLAM Adakan Open Source Week".

Dalam rubrik Praktik Instan dibahas tentang Otomatisasi GUI dengan Sikuli. Sementara untuk rubrik Net Admin tersedia artikel tentang "Mengatur Alur Incoming dan Outgoing Port SSH dan HTTP" dan "Daftar Warnet Berbasis Linux Di Indonesia" yang telah diperbaharui.

Di kolom Tutorial tersedia panduan mengenai "Partisi Harddisk via GUI dan Teks di Sistem Operasi Linux", "Android SQLite Database", dan "Pengenalan Yii Framework"

Rubrik Workshop kali ini membahas "Mobil Berwarna Silver", "Menghitung Denda
Membuat Animasi Hujan", dan "Eksplorasi Ubuntu 11.10 versi DVD".

Kuis InfoLINUX cukup bermanfaat untuk mengisi waktu luang Anda sambil menanti Edisi Mendatang (Desember 2011) yang daftar isinya tertera di halaman akhir majalah ini.