Sabtu, 31 Maret 2012

Majalah InfoLINUX 2012 Maret

Edisi InfoLINUX bulan Maret 2012 membawa bonus sisipan DVD-DL yang mengemas distribusi Linux Mint 12 (Lisa) dan Knoppix 6.7.1 sebagai sisipan. Topik utama yang diangkat kali ini adalah panduan membangun situs menggunakan CMS Drupal. InfoLINUX juga mengangkat topik yang mendukung pengelolaan bisnis membahas: Menguasai SMB menggunakan program ERP dan keuangan untuk mengelola inventaris dan aset tetap perusahan. Bahasan program-program lainnya termasuk aplikasi Grub Customizer, SquidClamAv dan permainan King Arthur's Gold. Rubrik tutorial menuntun pembaca
dalam hal cara membuat ISO untuk CD/DVD.

Dalam rubrik berita aktual dibahas tentang Dukungan Rainer Server di Seminar Universitas Pakuan dan Tablet Linux dengan KDE Plasma Active. Sementara rubrik Profil diisi dengan liputan tentang "Pekalongan Berhemat dengan FOSS".

Para pakar mengutarakan opini tentang "Masalah Update" oleh Budi Raharjo, pakar Michael Sunggiardi meragukan bisnis Internet: "Bisnis Internet? Menarikkah?", sementara pakar Made Wiryana membagi pengalamannya tentang "Luasnya Dunia bagi Dosen yang Kejam"

Setelah membalas semua Surat Anda, dilanjuttkan dengan rubrik Tes & Review tentang Mendesain Website. Distro yang diliput kali ini adalah Linux Mint 12 dan KNOPPIX 6.7.1.

Rubrik Game diisi dengangn bahasan tentang Alien Arena 7.53 dan Super TuxKart 0.7.3. Liputan Buku membahas buku-buku: Robin Nixon’s HTML5 Crash Course, Operating System Concept, The Basics of Hacking and Penetration Testing.

Sebagi Software Pilihan disertakan: Wine 1.2.3, LibreOffice 3.4.5, Google Chrome 16.0.912.77, Youtube Viewer 2.0.1, Epiphany 3.2.1, Universal Password Manager 1.8, O.A.D.Alpha 8, Inkscape 0.48.2, Phorum 5.2.17, XWiki 3.4, VLC 1.1.13, MegaGlest 3.6.0.2 dan Gambatte 0.4.1.

Kegiatan Komunitas yang diliput edisi kali ini adalah: "Kluwek Adakan Seminar via Web" dan "POSS Untar Adakan Seminar untuk Guru TIK".

Materi Praktik Instan bulan Maret 2011 membahas "Aplikasi ERP Berbasis Web", sementara topik untuk Net Admin membahas tentang "Menganalisis Log Web Server" dan "Daftar Warnet Berbasis Linux di Indonesia".

Rubrik Tutorial dipenuhi dengan topik-topik seperti: "Cegah Aksi Virus Tanpa Antivirus", "Membuat ISO dengan Linux", "Aplikasi TodoList Pencatatan Aktivitas Anda", dan "Menggunakan Ektensi Grafik OpenFlashChart".

Di kolom Tip & Trik diungkapkan cara "Memotong Aktivitas User di Jaringan". Sementara rubrik Workshop membawa serangkaian panduan seperti "Steadyflow Download Manager", "Sebungkus Kopi Nikmat", "Membuat  Objek 3D", "Membuat Form dengan LibreOffice Base", "Membuat Kotak Telepon", dan "Mencoba Desktop Linux Mint 12 Lisa”.

Seperti setiap bulannya, kali ini juga menyediakan Kuias InfoLINUX dan memparkan rencana untuk Edisi Mendatang.