Rabu, 18 April 2012

Majalah InfoLINUX 2012 April

Majalah Info Linux Edisi bulan April 2012 telah beredar dengan topik utama menerapkan komputasi awan menggunakan aplikasi OwnCloud3. Artikel bertemakan "Akses Data Via Cloud" memandu pembaca membangun Cloud Data Server pribadi dengan OwnCloud3. Topik lainnya termasuk panduan memanipulasi video dengan mengedit via KDENLIVE. Tutorial Android mencerahkan pembaca dalam membuat aplikasi Android untuk halaman web agar pas di format layar smartphone menggunakan WebView. Dalam Bonus DVD-DL 8GB yang disisipkan di edisi bulan ini disertakan distro CentOS 6.2 LiveDVD dan BackBox 2.01. Bagi pecinta InfoLINUX kali ini tersedia bonus menarik berupa bundel PDF majalah InfoLINUX 2011 dikemas dalam media DVD-DL yang disertakan.

Editorial membahas bagaimana perusahan bisa diselamatkan gara-gara ketersediaan FOSS (Free and Open Source Software). Berita Aktual mengangkat topik "Oracle Perkenalkan Teknologi Big Data" dan "Sertifikasi Nasional Clear OS Server".

Rubrik Profil menampilkan saudara (Rahman Yusri) Aftian, (yang) Mengembangkan Linux sambil Beternak Ayam. Sementara Opini dari tiga pakar pada bulan ini masing-masing mempersoalkan masalah "Bangsa Besar Bernyali Kerdil" (I Made Wiryana), "Masa Depan Hardware" (Budi Rahardjo) dan "Broadband Bukan Solusi Murah" (Michael S Sunggiardi).

Setelah semua surat Anda mendapatkan jawaban, InfoLINUX mengajak Anda "Bekerja di Cloud" di kolom Tes & Review. Disamping dua distro CentOS 6.2 Live DVD dan BackBox 2.01, juga dibahas tentang software Game: TORCS 1.3.3 dan OpenMW 0.1w1.1.

Tiga buku yang dikupas kali ini bertitelkan: "Cloud Computing with Linux", "Hello! Python", dan "Linux Operations and Administration". Sedangkan Software-software Pilihan yang diliput termasuk: "SongBird 1.11.0 Alpha", "phpMyAdmin 3.4.10.1", "Frogatto 1.1.1", "Pingus 0.7.6", "Meopard 4.0", "Flickr Uploader 0.11", "Booktype 1.5", "Banshee 2.2.1", "VLC 2.0.0", "Blender 2.62", "Tomboy 1.8.3", "QLandkarte GT 1.4.0", dan "Percona XtraBackup".

Setelah membahas topik Utama berjudul: "Cloud Data Server Dengan Owncloud3", tim penulis InfoLINUX tidak lupa meliput kegiatan Komunitas yang kali ini diisi dengan acara "Seminar Linux di SMK Amaliyah" dan tentang "Koperasi Kredit Belajar Linux Di Bandung".

Rubrik Praktik Instan memandu pembaca dalam pelatihan "Video Editing dengan Kdenlive". Sementara untuk para Net Admin disediakan topik tentang "Sinkronisasi Server Dengan Unison" dan pembaruan "Daftar Warnet Berbasis Linux di Indonesia".

Rubrik Tutorial membahas antara lain tentang "Window Manager Enlightenment 17", "Mahir Mengetik Sepuluh Jari", "Aplikasi Android WebView", dan "Implementasi dan Desain Template pada Yii Framework". Untuk rubrik Tip&Trik dibahas mengenai cara "Melacak Route Jaringan dan Host".

Kolom Workshop diwarnai dengan aneka topik seperti: "QupZilla Web Browser", "Membuat Kalender", "Cara Menghilangkan Blank Row atau Column", "Membuat Auto Generate e-mail dengan LibreCalc", "Save Style dan Load Style", "Membuat Kotak Telepon", dan "Menguasai Enterprise Linux dengan CentOS 6.2".

Setelah rehat bersama Kuis InfoLinux, diungkapkan sedikit mengenai Edisi Mendatang.