Rabu, 18 Juli 2012

Majalah InfoLINUX 2012 Juli

Rubrik “Utama” dari Majalah InfoLINUX bulan Juli 2012 membahas mengenai sebuah suit perkantoran Calligra OfficeSuite yang menyediakan aplikasi-aplikasi perkantoran lengkap mulai dari mengetik surat, menghitung, hingga pengelolaan proyek. Pembahasan dijabarkan secara terpisah aplikasi demi aplikasi dengan harapan agar pembaca lebih memahami masing-masing fungsi dari aplikasi yang dibawa Calligra.

Kolom Editorial yang selama ini diisi oleh Bapak Rusmanto membahas sebuah “Era baru aplikasi perkantoran” dimana setiap kantor atau pun lembaga tidak lagi perlu tersandera menggunakan MS-Office, karena baik di Linux, di Mac OSX tau di Windows telah tersedia aplikasi padanan seperti LibreOffice (dan Calligra) yang dapat menggantikannya.

Berita Aktual meliput "Maksimalkan Grafis AMD dengan Kernel 3.5", "Angkatan Laut Amerika Manfaatkan Linux", "Chris Mason Tinggalkan ORACLE", dan "Wine Rilis Versi Baru".

Profil Pejuang Open Source bulan ini menampilkan saudara Anjar Hardiena, pengembang ZenCafe, sebuah distro Warnet bertaraf Internasional: "Dari Warnet ke Cloud Computing".

Rubrik Opini bulan ini mengajak Anda "Menguji Sistem" bersama Bapak Budi Rahardjo, kemudian bersama Bapak Michael S Sunggiardi membahas "Sekali Lagi: Industri TIK Nasional", atau rame-rame bersama Ibu Nur Aini Rakhmawati "Mencari Kutu dengan Sajian Nasi Bungkus".

Setelah semua "Surat Anda" mendapatkan jawaban, digelar Tes & Review tentang "Kekuatan OfficeSuite". Sedangkan bahasan tentang Distro tercantum "Linux Mint 13" dan "Mageia 2" yang juga membahas tentang cara menginstalasi driver printer bila ada yang belum dikenali distro Linux.

Peminat Game dapat membaca tentang permainan "Billiards 0.4.1" dan "Slipstream 0.2". Resensi Buku meliput buku-buku: "C Programming in Easy Steps", "GIMP for Absolute Beginners", dan "Red Hat Enterprise Linux 6 Bible".

Sebagai Software Pilihan diliput "PlayOnLinux 4.1.1", "Evolution 3.4.2", "Empathy 3.4.2", "Kdenlive 0.9.2", "DVDStyler 2.2", "Snort 2.9.2.3", "Hash Code Verifier 1.2.1", "FrostWire 5.3.6", "Skype 2.0.072", "LibreOffice 3.5.4", "Opera 11.64", "MediterraneanNight 1.10", dan "Gnome Tweak Tool 3.4.0.1".

Kegiatan Komunitas yang diliput bulan ini adalah ajang acara "Pesta Rilis Ubuntu 12.04 LTS di Makassar", dan "Talkshow Cloud dan Blender Open Source di Aceh" Dalam rubrik Praktik Instan dibahas mengenai cara mengelola basis data MySQL dengan Chive".

Topik menarik bagi Net Admin memaparkan cara "Mengamankan Squid Proxy", disamping merinci "Warnet Berbasis Linux di Indonesia".

Dalam rubrik Tutorial dijelaskan tentang "Desktop Cinnamon", "Enterprise System dan Network Monitoring dengan Solusi Zabbix", "Membuat Aplikasi Imsakiyah Ramadhan 1433H", dan "Menggunakan Widget CGridView, CDetailView, dan CListView dengan CActiveRecord".

Kolom Tip & Trik diisi penjelasan tentang "Ripping dan Encode Musik". Rubrik Workshop memandu Anda tentang "uGet Download Manager", "Obat Nyamuk Bakar", "Membuat Indeks Bab", "Koreksi Kata Otomatis", "Sembunyikan Kolom", "Tampilkan Icon Minimalis", "Membuat Teks 3 Dimensi", dan "Setup Printer yang “Tidak Dijual untuk Linux”".

"Kuis InfoLINUX" yang menghiasi halaman akhir dapat digunakan untuk mengisi waktu luang sambil menanti "Edisi Mendatang".