Minggu, 30 September 2012

InfoLINUX 2012 September

Sebagai artikel utama, Majalah InfoLINUX edisi 09/2012 memaparkan secara menarik cara mengembangkan bisnis di ranah internet atau online. Sebagai contoh, dipilih aplikasi Shopware Community yang dapat digunakan untuk membantu memasarkan produk-produk secara daring (online). Kolom Editorial mengangkat topik serupa dan mengajak Anda untuk berani berbisnis memanfaatkan Open Source Software (OSS) yang disebutkan mulai dilirik oleh baik perusahaan-perusahaan besar maupun kecil untuk meraup keuntungan signifikan.

Salah satu contoh adlah kisah sukses yang dimuat di kolom Profil InfoLINUX bulan September: "WGS, Sukses Bisnis Pengembangan Software dengan Linux."

Kolom Berita Aktual mewartakan tentang: "RED HAT Mulai Pasarkan RHEV", "Biznet Luncurkan Biznet Technovillage", dan "Serunya Acara INAICTA 2012" dan "Fitur-Fitur Baru Ubuntu 12.10".

Di rubrik Opini, Bapak Budi Harardjo mengeluhkan soal: "Software House, Hidup Segan Mati Tak Mau", sedangkan Bapak Michael S. Sunggiardi mengkaitkan: "Komputasi Awan dan Bisnis ISP", sementara Bapak I Made Wiryana menulis tentang: "SmartTV Berbasis Android".

Setelah pembahasan surat surat Anda, rubrik Tes & Review membandingkan produk produk "Free E-Commerce".

Dua distro Linux yang mendapatkan perhatian khusus di bulan September adalah: Bodhi Linux 2.0 dan OS4 12.5. Sementara untuk software Game terpilih: AssaultCube 1.1.0.4 dan Mega Mario 1.7 untuk dibedah kali ini.

Ulasan publikasi open source membahas tiga buku: Hacking Exposed 7, Linux Bible dan Wordpress & Nginx.

Sebagai Software Pilihan diulas aplikasi-aplikasi: eGroupWare 1.8.004, Mozilla Firefox 14.0.1, PDFCube 0.0.5, Yoda Soccer 0.77, StoreMan 2.00, Ubuntu Builder 2.1.1, GnomishGray Jul 21 2012, Skype 4.0.0.8, Phoronix Test Suite 4.0.0, Lince 1.3, VLC 2.0.3, HandBrake 0.9.8 dan Quamachi 0.6.1.

Kegiatan dari lingkungan Komunitas mengulas tentang acara: "KPLI Malang Jadi Tuan Rumah ILC 2012", dan "KPLI Padang Seminar Linux di Kab Dharmasraya".

Untuk melengkapi rubrik Praktik Instan dibahas "Wireshark: Analisis Jaringan Anda". Di rubrik Net Admin ditulis bagaimana:  "Mudahnya Instalasi LAMP di Fedora 17", disamping mengaktualisasi "Daftar Warnet Berbasis Linux di Indonesia".

Topik yang menjadi pilihan untuk rubrik Tutorial bulan ini membahas tentang: "Revelation: Amankan Password", "Membangun Host Virtualisasi Di Atas Server Apple XServe 3.1", "Membuat Widget Halaman Utama Android", dan "Membuat Aplikasi Modular".

Sebagai materi bahasan untuk Workshop tersedia tulisan tentang: " Nitro Task Management", "Membuat Jam Dinding", "Handouts PDF LibreOffice Impress", "Format Penomoran Berbeda", "Penggunaan Particles dan Physics", dan "Menjadi “Dokter Disk” dengan Parted Magic"

Kisah dibalik artikel-artikel tersebut dapat disimak disitus: http://infolinux.web.id.