Kamis, 01 Agustus 2013

MinnowBoard: Open Source Hardware Berbasis Prosesor Intel Atom

MinnowBoard yang dirilis sebagai OSHW (Open Source Hardware) baru-baru ini, adalah hasil kerjasama CircuitCo Elektronics dan Intels Open Source Technology Center, berupa motherboard yang ditenagai oleh prosesor tipe Atom.  Komputer papan tunggal (SBC) Minnowboard dengan disain bebas tersebut ditargetkan untuk para pengembang yang ingin membuat aplikasi atau perangkat divais berbasis arsitektur x86.

Pada Minnowboard ditanamkan prosesor Intel tipe Atom E640 dengan kecepatan frekuensi detak sebesar 1,0 GHz, dapat mengakses 1 GB DDR2 RAM (tidak dapat diupgrade) yang juga disolder pada papan sirkuit seluas 10.7cm x 10.7cm yang sama. Papan sirkuit ini, juga menyediakan sejumlah konektor, masing-masing untuk input dan output audio analog, slot untuk kartu microSD dan sebuah port SATA2 yang dapat disambungkan ke hard-disk.

Peripheral dapat dihubungkan melalui dua port USB host yang tersedia di MinnowBoard tersebut. Menggunakan MicroUSB port B, MinnowBoard ini bisa dijadikan sebagai sebuah perangkat USB. Lebih dari itu, mini USB-port B yang sama juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan debugging.

Untuk menunjang penampilan dan pemrosesan grafis, komputer papan tunggal Minnowboard telah ditanamkan Graphics Media Acelerator (GMA) 600 dengan DVI yang disalurkan melalui HDMI. Tidak dilupakan adalah konektor Gigabit Ethernet yang memungkinkan papan berkomunikasi dan diintegrasikan ke jaringan lokal dan internet. Seperti pada papan SBC lainnya (Arduino atau Raspberry Pi), Minnowboard juga telah dilengkapi dengan port ekspansi, yaitu berupa delapan pin GPIO yang telah di buffer, dua GPIO pengendali LED, empat saklar (switch) GPIO dan sistem Header untuk pemrograman Flash (System Flash Programming Header).

Sebagai sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan papan berbasis prosesor Atom ini, disediakan sistem kompatibel dengan Angstrom Linux, yang diturunkan dari Proyek Yocto 1.3. Pembuatnya juga menjanjikan distribusi lanjutan. Sejatinya pada saat ini sudah tersedia banyak distribusi Linux lainnya yang mendukung arsitektur Atom x86. Seperti diketahui, keluarga prosesor Intel Atom E640 telah cukup lama berkiprah (sejak tahun 2010) dipasaran.

CircuitCo dan Intel berharap agar Open Hardware MinnowBoard yang dibandrol sekitar 2 juta rupiah (199 USD) tersebut akan digandrungi oleh komunitas pengembang dan banyak digunakan untuk segala jenis proyek pengembangan perangkat. Silakan mengunduh detil spesifikasi (PDF 1.24MB) untuk keterangan lebih rinci.  Website MinnowBoard juga menyediakan sumber yang lengkap termasuk skematik, disain papan sirkuit (PCB), berkas disain ORCAD, berkas generik CAD, Berkas manufacturing (data Gerber dll) dan daftar BOM (Bill of Materials).