Senin, 12 Agustus 2013

ElementaryOS Gaya Mac OS X

elementary OS adalah distribusi berbasis desktop Ubuntu dengan beberapa fitur yang lebih menarik, termasuk + GTK baru dan tema ikon untuk GNOME, web browser Midori, aplikasi baru yang dikembangkan di khusus (misalnya Dexter, buku alamat dan Poster, email client), dan Nautilus Elementary, file manager simpel.

Desktop elementaryOS 0,2 "Luna" (Ubuntu 12.04 LTS) menggunakan Pantheon desktop ditulis dengan GTK+ dan Vala bersama LightDM. Bersama Slingshot tersedia peluncur aplikasi yang dikembangkan sendiri, yang dapat dibuka melalui panel aras (WingPanel) dan melalui keyboard. Bagian bawah layar dihiasi dengan  dermaga Plank Dock yang yelah ditingkatkan. Elementary OS mengganti Compiz dengan Windowmanager Gala. Menggunakan kernel 3.2.0, elemntaryOS dapat di start dalam waktu yang singkat dan hemat sumber daya.

Sebagai browser utama untuk sistem ini, digunakan Midori ramping, sementara untuk menampilkan gambar disertakan Shotwell. Sebagai alat untuk membaca dan menulis mail, desktop ElementaryOS yang cantik ini menggunakan Geary Mail. Untuk chatting digunakan aplikasi Empathy. Paket office suite tidak dibundel bersama media CD, melainkan bila dibutuhkan, pengguna dapat memasang sendiri. ElementaryOS secara default hanya menyediakan editor teks Scratch dan dokumen viewer Evince. Aplikasi Maya yang dikemas di distribusi ini merupakan aplikasi kalender yang indah, namun tidak dapat diselaraskan dengan kalender online.

Untuk memutar Video tersedia aplikasi Totem, sementara lagu-lagu dapat didengarkan menggunakan "Noise" yang sekarang diberi nama "Music". Pemutar lagu ini memiliki fitur yang dapat melacak duplikat lagu dan dengan baik bisa menghendel perangkat eksternal. Pilihan perangkat lunak pada elementaryOS termasuk kompak (secukupnya), dan bagi mereka yang membutuhkan lebih banyak program aplikasi, dapat menginstal langsung menggunakan Software Center dari repositori Ubuntu atau lumbung ElementaryOS.

Pengembang ElementaryOS menaruh perhatian khusus terhadap tampilan yang mengingatkan penggua akan tampilan desktop Mac OS X. Tema Elementary yang tersedia dengan set ikon lengkap dalam berbagai ukuran mulai dari 16 sampai 128 piksel. Tema ikon juga dicocokkan dengan latar belakang, baik terang maupun gelap. Koleksi Font menyediakan "Raleway" disamping "Open Sans" dan "Droid Sans" yang digunakan untuk aksara default. Media yang diterbitkan mendukung arsitektur baik 32 maupun 64 bit.