Selasa, 08 Oktober 2013

Desktop PC-BSD 9.2 Booting Lebih Cepat

Menyusul FreeBSD 9.2, sekarang tersedia PC-BSD 9.2 yang menjanjikan booting lebih cepat dan mengemas perkakas untuk Backup: Life-Preserver yang telah diperbaiki, dan mampu merekam Snapshots berkas yang bila diinginkan, langsung bisa dikirim ke komputer lain. Rilis PC-BSD kali ini, juga telah mendapatkan perbaikan untuk memungkinkan booting dari hard-disk dengan sistem file ZFS.



Untuk mendapatkan gambaran yang rinci tentang rilis ini, termasuk catatan tentang fitur baru lain yang dimilikinya, silakan menyimak keterangan di blog pengembangnya. PC-BSD 9.2 hanya menerbitkan cetakan DVD untuk sistem arsitektur 64-bit (x86-64). Rilis ini dibangun berdasarkan versi FreeBSD 9.2 yang telah diluncurkan satu minggu sebelumnya yang sama-sama memiliki kemampuan untuk menjalankan perangkat tambahan termasuk SSD, disamping dukungan sistem kompresi LZ4 untuk sistem berkas ZFS.

Tentang PC-BSD:
PC-BSD, atau PCBSD adalah sistem operasi mirip Unix (Unix-like) dengan orientasi desktop dibangun menggunakan rilis yang sama dari FreeBSD. Ia di diciptakan demi kemudahan dalam menginstal menggunakan program instalasi berbasis grafis. PC-BSD menyediakan serangkaian lingkungan desktop seperti KDE SC, LXDE, XFCE, GNOME2 dan E17 sebagai antarmuka pengguna grafis. Secara resmi mendapatkan dukungan driver biner dari nVidia dan Intel untuk akselerasi hardware dan opsi antarmuka desktop 3D melalui Kwin. Berbekal Wine, desktop ini siap untuk digunakan menjalankan perangkat lunak aplikasi Microsoft Windows.