Kamis, 03 Oktober 2013

FreeBSD 9.2 Dukung SSD Dengan ZFS

Sistem operasi Unix-like FreeBSD versi 9.2 dirilis membawa berbagai peningkatan program dan fitur baru. Sistem berkas ZFS sekarang mendukung TRIM secara default, dan menandai daerah memori yang dibebaskan untuk Garbage Collection pada SSD. Karena proses ini mungkin sangat mempengaruhi kinerja SSD, maka diperkenalkan parameter untuk mengumpulkan TRIM kernel dan menjalankannya setelah satu interval berlalu. Dengan cara demikian, ZFS berhasil dioptimalkan untuk menangani SSD lebih baik. Selain itu, sistem berkas ZFS sekarang telah mendukung kompresi dengan algoritma lz4.


Fitur baru pada FreeBSD 9.2 termasuk peningkatan pada DTrace. Selain itu, pada Kernel aktual, perubahan pada lapisan I/O (I/O yang belum dipetakan) diambil dari Head. Sistem ini juga menyertakan banyak update pada driver. Dimana antara lain driver ixgbe dan e1000 dari Intel yang telah diperbarui. Cxgbe juga mendukung lebih banyak perangkat dan bekerja dengan baik pada kartu-kartu Chelsio T522-CR, Chelsio T540-CR, Chelsio T580-CR dan Chelsio T540-LP-CR. Common Access Method SCSI/ATA subsystem (cam) sekarang mendukung ATA pass-through dan driver oce untuk Emulex OneConnect 10GB NIC yang telah ditingkatkan ke versi 4.6.95.0.

Sejumlah pembaruan lainnya juga dilakukan, misalnya OpenSSH telah ditingkatkan ke versi 6.2p2 dan OpenSSL menjadi versi 0.9.8y. Sendmail tidak lupa diangkat ke versi 8.14.7 dan telah dikoreksi siap pakai untuk semua pengguna. Update lebih lanjut dilakukan untuk xz yang sekarang tersedia dalam versi 5.0.4, disamping awk yang dihadirkan dalam versi 20121220.

Dukungan untuk Firewire telah ditanggalkan pengembang FreeBSD, dan driver pendukung untuk itu dinonaktifkan pada kernel default di FreeBSD 9.2 untuk semua arsitektur dan platform yang didukung. Barangsiapa yang ingin menggunakan perangkat firewire, silakan membangun ulang kernel sendiri dengan mengkompail dari kode sumbernya. Perubahan lainnya jika dibandingkan FreeBSD 9.1 sebelumnya, didominasi oleh perbaikan paket perangkat lunak yang pada umumnya berkaitan dengan masalah keamanan.

Pengembang FreeBSD 9.2 mendukung aneka arsitektur termasuk amd64, i386, ia64, PowerPC64, powerpc, dan sparc64 yang masing-masing tersedia berupa cetakan DVD.