Jumat, 04 Oktober 2013

Galileo: Intel Quark Gabung Keluarga Besar Arduino

Awal September lalu, di ajang forum pengembang IDF (San Francisco) Intel telah mengungkapkan sebuah platform baru untuk "Wearable Computing", dan memperkenalkan keluarga Quark X1000, yaitu prosesor x86 kecil yang di targetkan untuk pasar embedded. Dimensi Quark hanya seperlima dari ukuran prosesor Atom dengan konsumsi energi hanya sepersepuluhnya. Quark merupakan SoC yang sepenuhnya dapat disintesis (synthesizable), memiliki arsitektur yang terbuka dan mendukung software standar industri. Intel rupanya tidak mau ketinggalan di pasar Mikrokontroler yang saat ini dikuasai arsitektur ARM sebagi mesin pemroses pada SmartPhone, SmartWatch dan gadget sejenisnya, juga pada platform Open Source Hardware untuk edukasi Raspberry Pi dan Arduino.



Di ajang Maker Faire di Roma yang saat ini sedang berlangsung, CEO Intel Brian Krzanich kali ini mengumumkan kerjasama dengan Arduino, mempersembahkan papan pengembangan dengan Quark inside. Diatas sebuah papan SBC bernama Galileo tersebut, ditanamkan prosesor SoC Intel Quark X1000 yang rencananya akan dikapalkan mulai bulan November 2013.

Sebagai anggota baru keluarga Arduino, Galileo adalah kompatibel dengan saudara-saudara angkatnya, baik hardware maupun software dengan papan-papan Arduino lainnya yang saat ini jenisnya sudah mendekati duapuluh. Dengan demikian berarti bahwa papan Galileo dapat disambungkan dan pas secara mekanik maupun elektronis dengan papan-papan Arduino lainnya, sehingga para pengembang hobi dan profesional dapat dengan mudah menggabungkannya menjadi prototipe untuk menciptakan produk yang diinginkan. Melalui situs khusus Galileo, Intel juga menyediakan dokumentasi (PDF) yang lengkap berkaitan dengan Open Source Harware ini, terutama bagi mereka yang tertarik untuk mengembangkan produk ditenagai menggunakan Quark.

Prosesor Quark adalah sebuah SoC 32-bit dengan set instruksi arsitektur Intel Pentium dan 512KB RAM tertanam. Papan Galileo dilengkapi dengan sambungan 10/100 Ethernet, mendukung penuh kartu PCI Expres Mini, konektor USB 2.0 host dan klien, 10-pin JTAG header untuk debugging, 8MB flash storage untuk firmware atau bootloader, dan 256MB RAM. Untuk penyimpanan ekstra, disediakan card reader untuk kartu SD (microSD).



Dikutip dari berbagai sumber Internet, disebutkan bahwa CEO Intel akan menyumbangkan 50.000 papan Galileo untuk 1.000 universitas di seluruh dunia dalam kurun waktu 18 bulan ke depan. Raksasa chip ini juga akan bekerja sama dengan 17 universitas untuk mengembangkan kurikulum berdasarkan papan Open Hardware Galileo besutan Intel.