Sabtu, 12 Oktober 2013

S4A: Sambil Bermain Memrogram Arduino Dengan Scratch

Scratch For Arduino atau S4A memungkinkan pemrograman Arduino lebih mudah lagi secara visual.



Arduino adalah sebuah platform open source untuk prototyping elektronik terdiri dari perangkat keras (Open Source Hardware) dan perangkat lunak (OSS) yang fleksibel, dan cukup mudah digunakan. Sebagai perangkat keras Arduino dikategorikan sebagai sebuah SBC (single-board computer). Arduino dapat digunakan untuk bereksperimen dan pembelajaran untuk menguasai dasar-dasar teknik elektronika, riset dan prototipe untuk pengembangan produk, termasuk untu otomatisasi dan robotik. Pemrograman Arduino yang tersedia bebas di proyek Arduino diakui cukup mudah, namun lebih gampang lagi bila dapat dilakukan secara secara visual menggunakan Scratch.

Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman visual berorientasi pendidikan yang memungkinkan pemula untuk mendapatkan hasil, tanpa perlu terlebih dahulu belajar menulis sintaksis yang benar. Anak-anak yang berkreasi menggunakan Scratch dapat bereksperimen dan belajar untuk berpikir kreatif, berkolaborasi dan mengetahui alasannya secara sistematis. Dengan demikian diharapkan, pendatang baru, - khususnya anak-anak dan ABG, - menjadi akrab dengan konsep dasar pemrograman komputer. Software Scratch dikembangkan di MIT Media Lab yang juga mengelola TK "Lifelong Kindergarten group", dapat dijalankan baik di Windows, Mac maupun Linux. Scrath juga dibundel bersama Raspbian Linux sebagai salah satu aplikasi utama untuk dijalankan di platform Raspberry Pi.

S4A, adalah turunan dan bekerja seperti Scratch, namun telah dibekali pustaka pemrograman Arduino untuk menghasilkan kode yang langsung dapat digunakan mejalankan aplikasi pada perangkat Arduino. Ide dibalik SaA adalah menyediakan bahasa visual untuk pemrograman Arduino, sehingga pengguna dapat memahami cara kerja lebih baik pada prototipe yang dikembangkannya. Bagi yang sebelumnya telah berpengalaman dengan pemrograman Arduino, dapat dijadi alat bantu yang menyenangkan sambil bereksperimen, sementara untuk pendatang baru akan memberikan kemudahan dalam upaya memulai belajar pemrograman dan mengetahui lebih baik tentang bagaimana cara Arduino bekerja. S4A dapat diunduh disini.