Kamis, 14 November 2013

Kit Touch Board dan Arduino, Jantung Sensor Sentuh dan Cat Konduktif

Penginderaan kapasitif dapat digunakan tidak hanya pada smartphone Anda. Untuk memicu semua jenis sirkuit, juga dapat menggunakan permukaan konduktif apa saja, bahkan dapat menggunakan kontak melalui kulit manusia. Touch Board, sebuah proyek OSS (Open Source Software) dan OSHW (Open Source Hardware) dari Bare Conductive, ingin mendukung semangat DIY Anda dengan menyediakan kemampuan untuk mengubah hampir semua permukaan menjadi sensor penginderaan.



Intinya adalah berupa sebuah mikrokontroler yang kompatibel atau langsung disatukan dengan papan SBC Arduino tipe Leonardo, berikut beberapa tambahan yang ditanamkan di dalamnya, termasuk sensor sentuh menggunakan komponen Freescale yang terhubung ke 12 elektroda dan prosesor audio untuk memicu suara MIDI atau file MP3.

Untuk menjalankannya, Anda dapat memicu elektroda dengan menyentuh mereka atau menghubungkan mereka ke berbagai bahan konduktif, seperti kawat dan lainnya, termasuk pena cat elektrik, yang semuanya membuka segala kemungkinan untuk digunakan sebagai input. Cat seperti marker ini sering digunakan untuk grafiti skala kecil, mengeluarkan tinta hitam konduktif yang dapat mengubah dinding, selembar kertas atau hampir permukaan benda apa pun menjadi sensor pemicu. MicroSD yang dipasang, misalnya dapat diisi dengan serangkaian sampel suara yang masing-masing dapat dipicu melalui kontroler Touch Board.

Proyek Startup ini dipamerkan di situs pendanaan publik via Kickstarter dan saat ini, melampaui separuh waktu sebelum tenggang waktu pendanaan berakhir, sudah berhasil mengumpulkan lebih dari empat kali lipat target pendanaan minimal yang diharapkan agar bisa diproduksi untuk memenuhi permintaan masyarakat luas, terutama yang ingin memilikinya.