Sabtu, 30 November 2013

86Duino Zero: OSHW Kompatibel Arduino Jalankan Linux

Open Source Hardware (OSHW): 86Duino Zero didasarkan komputer papan tunggal Vortex86EX system-on-chip (SoC) ditawarkan dalam format yang kompatibel dengan keluarga sistem prototyping Arduino. Ditenagai oleh prosesor dengan arsitektur x86 memungkinkan dengan cepat menjalankan platform dari dunia PC, seperti Linux, DOS dan Windows, serta sejumlah sistem operasi real-time 32-bit lainnya. Agar secara mekanis dan elektris dapat diselaraskan dengan format Arduino, papan CPU tipe Vortex86EX SOM-128-EX ditunggangkan diatas papan penyelaras yang mengandung beberapa sirkuit di sekitarnya, agar keseluruhannya memenuhi signaling dan dimensi mekanik yang di syaratkan Arduino.



Prosesor 32-bit yang ditanamkan di 86Duino Zero tersebut dipacu dengan clock 300 MHz dan memiliki akses ke 128 MB memori RAM tipe DDR3. Spasi untuk sistem operasidisimpan di 8 MB flash memory on board, yang dapat ditanamkan, selain Linux juga DOS, Windows Compact 7.0, QNX dan VxWorkx.

Dimensi komputer kecil ini, seperti saudaranya Arduino Uno atau Leonardo (6.86 cm x 5,3 cm) dan menyediakan colokan antarmuka Ethernet, port USB 2.0, slot untuk kartu MicroSD dan bus PCIe. Seperti pada Arduino Uno, saudara barunya 86Duino Zero ini menyediakan sambungan analog enam pin dengan resolusi 11 bit, lebih akurat dari pada Arduino yang hanya mendukung 10 bit. 86Duino Zero juga menyediakan 14 pin digital, yang digunakan antara lain untuk tujuh modulasi pulsa lebar atau 'puls wide modulation' (PWM) dengan resolusi 32 bit, sementara saudaranya Uno hanya enam pin digital dengan resolusi 8 bit.

Aplikasi yang dibidik pembuatnya DM&P disebutkan untuk proyek robotika. Dalam bentuk lain akan dijanjikan dalam waktu dekat varian dari produk ini berupa kartu 86Duino One dan juga sebuah MiniPC diberi nama 86Duino Educake. 86Duino One disebutkan memiliki 45 digital (11 dengan dukungan PWM) dan tujuh pin analog yang mirip dengan Arduino mega atau Due.

Sementara itu, Educake menyediakan dua port USB, port COM, satu slot SD card, input mikrofon dan output audio, di samping 45 digital dan tujuh pin analog. DM&P mengemas produk ini dalam satu kotak munggil yang mengintegrasikan papan bread-board untuk memungkinkan pengguna, pelajar atua mahasiswa melakukan eksperimen elektronik, tanpa perlu memanaskan besi solder.



Tentang 86Duino:
86Duino adalah platform open-source embedded yang didasarkan pada Vortex86EX SoC, hardware yang mudah digunakan dengan software yang terintegrasi. Papan yang kompatibel dengan Arduino ini, mendukung banyak sistem operasi dari arsitektur x86, maupun sistem yang berjalan di basis aslinya Arduino.