Rabu, 19 Maret 2014

Android Wear: Google Sediakan SDK Kembangkan Aplikasi Perangkat Wearable

Google ungkapkan proyek baru Google Android Wear, disamping menyediakan SDK untuk memudahkan pengembangan aplikasi pada perangkat Android yang dikenakan (wearable), seperti pada jam tangan pintar smartwaches dan pelacak kebugaran (fitness trackers).



Software aplikasi Android nantinya akan meluas ke semua perangkat dikenakan, namun Google memulainya dari perangkat yang telah umum dikenal seperti jam tangan atau alroji pintar (smartwatches). Untuk itu, pada saat ini paling tidak telah tersedia dua alroji pintar yang akan ditenagai sistem operasi Android untuk dijadikan mitra awal dalam pengembangan aplikasi Android Wear, menggunakan kit SDK Android yang disediakan.

Dua mitra Hardware awal tersebut, adalah Motorola dan LG yang juga telah mengungkapkan niat mereka, segera meluncurkan smartwatches mendukung konsep Android Wear. Moto 360 besutan Motorola memiliki fitur modis dan penampilan seperti jam tangan analog tradisional, dan siap menerima perintah "suara" dari penggunanya. Sebaliknya, jam tangan pintar besutan LG G Watch menawarkan layar persegi yang ramping seperti halnya pada smartwatches dari produsen lain. Kedua jam tangan dijanjikan akan hadir dipasar pada pertengahan 2014.

Seperti Apple Siri, perangkat ini juga memiliki fitur sebagai asisten pribadi cerdas dengan fitur Google Now, yang sudah dikenal pada perangkat mobile, desktop, dan perangkat wearable lainnya. Android Wear dapat mengendalikan smartwatch Anda dengan misalnya mengatakan "Ok Google !", kemudian mengajukan pertanyaan atau meberikan perintah selanjutnya dengan suara. Pengguna juga dapat mengendalikan perangkat lain seperti smartphone atau Chromecast melalui jam yang dibalutkan di pergelangan tangan Anda.

Dengan ketersediaan kit SDK, Pengembang sekarang dapat mulai menjahit atau membangun aplikasi mereka yang khusus di targetkan untuk digunakan di perangkat wearables.