Sabtu, 22 November 2014

“Tiny Titan”: KomputerSuper Gunakan Raspberry-Pi

Untuk memberikan gambaran dan menginspirasi siswa bagaimana cara kerjanya sebuah KomputerSuper, pembuat dan perancang Titan menerbitkan panduan tentang cara membangun sebuah KomputerSuper pribadi dengan menggabungkan sejumlah komputer kecil "Raspberry Pi".


tiny-titan-raspi-tinysph_880.jpg


Meskipun berkedip dan berkilau bak mobil Odong-odong, namun menurut pencipta Tiny Titan di Oak Ridge National Laboratory dimana KomputerSuper Titan sesungguhnya berada, mengklaim bahwa Titan unyil ini adalah versi miniatur yang berfungsi penuh seperti layaknya KomputerSuper Titan yang mereka operasikan. Kesamaan yang dimaksudkan terutama berkaitan dengan program dan perpustakaan perangkat lunak, termasuk konsep komunikasi yang digunakan. Semua komponen software yang berbasis sumber terbuka, berikut panduan membangun KomputerSuper pribadi tersebut, dapat dunduh dari Github, tempat penginangan proyek-proyek open source lainnya.


Untuk membangun sebuah Tiny Titan, diperlukan paling tidak dua perangkat Raspberry Pi, dimana salah satunya bertindak sebagai pusat komando agar pengguna dapat menjalankan dan memonitor proses input dan output. Raspberry-Pi lainnya, yang jumlahnya tak dibatasi, bertanggung jawab atas proses komputasi sesungguhnya. Jaringan antara komputer (Raspberry-Pi) berlangsung melalui saluran Ethernet. Untuk itu diperlukan switch seperti pada jaringan LAN pada umumnya.




Komponen penting lainnya adalah catudaya yang pada Raspberry-Pi dapat disalurkan melalui port USB atau USB-Hub aktif dengan suplai tenaga yang cukup. Dalam contoh disini digunakan power supply 15 watt (5V, hingga 3 amp) untuk setiap USB-Hub yang masing-masing mensuplai tiga Raspberry-Pi.


Sebagai sistem operasi dasar, pembuatnya tidak perlu membuat khusus, melainkan mengandalkan sistem operasi Linux yang sudah ada dari NOOBS. Agar Raspberry-Pi satu dengan lainnya dapat bekerja sama dan bergotong-royong bekerja sebagai sebuah KomputerSuper, masing-masing Raspberry-Pi harus menjalankan minimal dua script yang disediakan untuk menginstal dan mengkonfigurasi semua paket software yang diperlukan.

Pada saat ini, tersedia dua contoh program untuk mendemontrasikan konsep KomputerSuper, yaitu TinySPH dan Pibrot. TinySPH mensimulasikan perilaku cairan dan dapat dikontrol dengan pengontrol Xbox. Sementara PiBbrot menghasilkan fraktal Mandelbrot. [Artikel PDF 800kB]