Sabtu, 23 April 2011

Alfresco Kaitkan ECM dengan BPM

Alfresco gabungkan Activiti Workflow Engine untuk Business Process Management (BPM) dengan plaform Enterprise Content Management (ECM). Mesin alur kerja Activiti disebutkan bekerja dengan standar BPMN 2.0 (Business Process Modelling Notation). Implementasi pertamanya diumumkan dalam sebuah siaran pers yang diterbitkan awal minggu ini dan tersedia bebas di situs pengembangnya untuk publik.

Untuk fitur yang sama, sebelumnya Alfresco menggunakan BPM-Suite jBPM besutan JBoss guna merealisasikan fungsi-fungsi Workflow dan bersamaan rilis Alfresco Community 3.4e terkini telah diganti dengan komponen BPMN-2.0-Workflows asal Activiti.

“Pencopotan jBPM di Alfresco dan menggantikannya dengan Activiti meupakan awal dari sebuah 'seamless integrated environment' yang memadukan Enterprise Content Management (ECM), Adaptive Case Management (ACM) dan Business Process Management (BPM)," kata Tom Baeyens, pimpro dari proyek Activiti dalam siaran pers tersebut.


Tentang Alfresco
Alfresco adalah proyek open source untuk sebuah ECM (enterprise content management) yang kaya akan fitur dan acapkali disebutkan sebagai rival dari MOSS (Microsoft Office SharePoint Server) yang mampu menawarkan kwalitas tinggi dengan biaya yang jauh lebih rendah. Alfresco diklaim sebagai "true Open Source Enterprise Content Management (ECM)" yang menawarkan - Document Management, Collaboration, Records Management, Knowledge Management, Web Content Management dan Imaging seperti: Document Management, Web Content, Management, Records Management, Image Management dan Content Repository.
Alfresco yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java memanfaatkan teknologi Open Source terbaik seperti Spring, Hibernate, Lucene, Activiti, dan mengadopsi standarisasi modern seperti JSR-168, JSR-170, Web Services, Java Server Faces termasuk kontribusi dari komunitas open source menghasilkan produk yang berkwalitas, dikembangkan lebih cepat dengan biaya lebih rendah.

Tentang Activiti
Activiti adalah sbuah platform yang ringan untuk alur kerja (workflow) dan Business Process Management (BPM) ditargetkan untuk urusan bisnis, pengembang dan administrator sistem. Ia menyediakan mesin pemrosesan BPMN-2 yang tangguh dan cepat untuk Java. Sebagai sebuah open-source didistrinusikan dibawah naungan lisensi Apache yang liberal.