Kamis, 14 Juli 2011

Capaware: Open Source Tangkal Kebakaran Hutan

Capaware adalah sebuah "framework" atau kerangka kerja bebas yang memungkinkan sebuah wilayah dimodelkan dalam 3D. Data untuk melengkapinya adalah berupa kondisi lingkungan seperti angin, kelembaban dan vegetasi. Berdasarkan semua itu, secara real-time Capaware dapat membuat prakiraan bagaimana api berkembang dan peningkatan intensitasnya.

Capaware dikembangkan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Profesor Jose Pablo Suarez di Institut Kartografi dan rekayasa Desain Grafis dari University of Las Palmas de Gran Canaria. Dalam pengembangan software itu juga dilibatkan Institut Teknologi Kepulauan Canary dan beberapa perusahaan swasta. Menurut Suárez, data yang dipreparasi atau dapat disediakan oleh Capaware sangat penting untuk memprediksi kejadian seperti kebakaran hutan dan membantu untuk mengelola dan mengendalikan kebakaran yang terjadi, terutama dalam cuaca panas.

Software Capaware yang dirilis di bawah lisensi bebas GPL, telah digunakan oleh pusat operasi dan koordinasi pulau di Cabildo de La Palma. Staf disini mensimulasikan api menggunakan perangkat lunak tersebut agar pendayagunaan manusia dan material dapat dilatih dalam kondisi yang realistis. Disamping untuk menganalisa dan memprediksi kebakaran hutan, Capaware juga dapat digunakan untuk perencanaan perkotaan, pariwisata, pendidikan, termasuk simulasi pengembangan infrastruktur dan bencana alam, dan banyak bidang lainnya.

Aplikasi open source Capaware dibuat mengguanakan bahasa pemrograman C++ dan mengintegrasikan teknologi open source lainnya seperti OpenSceneGraph, wxWidgets, Curl dan Boost. Status penerbitan saat ini sebagai kandidat rilis kedua, Capaware tersedia sebagai kode sumber dan installer Windows siap untuk diunduh.  Paket binari untuk platform Linux dijanjikan akan tersedia dalam waktu dekat.