Kamis, 15 September 2011

Dua Klon RHEL 5.7 Dirilis Bersamaan

Hanya bebeda satu hari, telah rilis dua klon Sistem Operasi skala perusahan RHEL versi yang sama yaitu CentOS 5.7 pada tanggal 14 September 2011, disusul peluncuran Scientific Linux 5.7 pada hari berikutnya.

Sebagai basis untuk membangun CentOS 5.7 digunakan RHEL 5.7 yang telah tersedia sejak dua bulan sebelumnya. Dengan demikian CentOS 5.7 juga mengantongi Kernel 2.6.18 yang telah ditingkatkan dengan driver berikut sejumlah pembaruan. Peningkatan terutama pada driver untuk memori dan jaringan. Pembaruan di bagian pengelolaan grafis dengan pembaruan pada driver untuk kartu-kartu grafis VESA, ATI dan MGA.

Kecuali itu, program pendukung instalasi Anaconda juga telah ditingkatkan. Fitur untuk instalasi menggunakan Kickstart kini memungkinkan untuk membuka port SSH di Firewall.

Beberapa perbaikan telah diintegrasikan pada sistem virtualisasi Xen yang memberi peningkatan pada kecepatan dan memperpendek waktu untuk start. Peningkatan juga dilakukan pada sistem virtualisasi utamanya KVM dengan sejumlah perbaikan terutama pada fitur Live Migration yang diklaim kini lebih cepat.

Diwilayah sistem berkas dilakukan pembaruan pada sistem GFS2 dan XFS. Terutama pada sistem XFS yang kali ini seratus persen mendukung High Availability dan sistem Cluster. Sistem Security Services Daemon (SSSD) meninggalkan status trial dan mulai versi ini dapat digunakan untuk sistem produktif. Disamping semua itu, sekitar 80 paket software diperbarui dan sejumlah paket baru yang ditambahkan termasuk: cmake, jline, libcxgb4, libcxgb4, man-pages-overrides, openldap24-libs(devel), openscap (devel/perl/python), perl-NetAddr-IP, python-ethtool, python-rhsm, python-simplejson, python-suds, rhino, rhino-javadoc, sssd-tools, subscription-manager, subscription-manager-firstboot, subscription-manager-gnome, tcsh617, dan virt-what.

Scientific Linux 5.7

Menyusul CentOS 5.7, secara kebetulan Scientific Linux merilis klon Red Hat Enterprise Linux (RHEL) versi yang sama, dengan pendekatan untuk seminimal mungkin melakukan modifikasi terhadap versi aslinya. Pengembangan Scientific Linux dilakukan bersama oleh beberapa Lembaga Riset seperti CERN dan Fermilab dengan menambahkan paket-paket software sesuai dengan kebutuhan riset mereka. Berbeda dengan klon-klon lainnya, untuk Scientific Linux belum ada yang menyediakan dukungan komersil.

Scientific Linux 5.7 sebagai sebuah klon menyertakan semua pembaruan yang tersedia pada  RHEL 5.7. Sebagaimana yang dilakukan pada CentOS 5.7, peningkatan juga dilakukan pada sistem vritualisasi utamnya KVM berikut sejumlah perbaikan, terutama pada fitur Live Migration yang diklaim lebih cepat. Demikian juga perbaikan untuk kartu grafis adalah sejalan seperti semuanya yang dilakukan oleh CentOS 5.7.

Dibandingkan versi original dan guna menghindari konflik merek dagang, semua penamaan RHEL dihapus dan diganti dengan Scientific Linux. Paket-paket software baru yang ditambahkan adalah termasuk Java, sejumlah aplikasi Multimedia dan modul Perl, Ndiswrapper beberapa berkas Firmware.