Selasa, 13 September 2011

PostgreSQL 9.1 Telah Rilis

PostgreSQL 9.1 yang baru saja dirilis menawarkan sejumlah fungsi baru dan fitur-fitur yang menarik. Salah satunya adalah Synchronous Replication yang memungkinkan high-availability secara konsisten lintas server disamping beberapa fitur atau perkakas lainnya yang membuat hidup para administrator menjadi lebih nyaman.

Fitur replikasi sinkron tersebut memungkinkan pengguna untuk memulai sebuah replikasi dengan hak replikasi istimewa, dan tidak lagi memerlukan super-user. Alat pg_basebackup sekarang dapat meng-clone database, dan menggunakan pg_stat_replication administrator dengan cepat dapat memeriksa status master dan slave. Sementara pg_stat_database_conflicts mampu menampilkan daftar masalah berikut penyebabnya.

Juga dimungkinkan di versi baru ini adalah memodifikasi atribut tabel yang ada. Atribut dapat ditambahkan, dihapus, diubah namanya, atau dialokasikan dengan tipe data baru. Dengan fitur baru "Writeable Common Table Expressions" bisa ditangani permintaan update yang kompleks dalam sebuah perintah update tunggal. Pemicu (trigger) sekarang dapat digunakan untuk Views. Data dapat ditampilkan berurutan berdasarkan Collations dan disesuaikan dengan kebiasaan bahasa asing pengguna. Index GIST kini mendukung pengindeksan K-Nearest-Neighbor Indexing, dan dengan demikian data yang serupa dapat diseleksi lebih cepat.

Fungsi "Serializable Snapshot Isolation" memastikan agar transaksi berperilaku seolah-olah mereka dijalankan secara serial. Berkat isolasi snapshot maka konsumsi sumber daya dapat dipertahankan senantiasa rendah. Fungsi ini, menurut para pengembangnya merupakan salah satu dari beberapa fitur yang tidak tersedia di database lainnya. Fitur SE-Postgres memungkinkan PostgreSQL dijalankan dalam kerangka pengamanan Linux SE. PGXN adalah gudang untuk ekstensi yang dapat diakses melalui antarmuka Web maupun baris perintah (command line) yang menyediakan untuk pengguna berbagai ekstensi untuk DBMS mereka. Fitur SQL/MED yang telah telah tersedia sejak versi PostgreSQL 8.4 sebagai pengelola data eksternal, sekarang dapat ia juga menangani tabel jenis lainnya seperti CSV file.

PostgreSQL 9.1 tersedia baik berupa kode sumber maupun paket binari untuk berbagai distribusi Linux, Mac OS X, FreeBSD, Solaris dan MS-Windows yang semuanya dapat diunduh di situs pengembangnya.