Jumat, 02 Desember 2011

Mesin Grafis Aleph One 1.0 Dibebaskan

Pengembang game Bungie telah  memperbaharui tiga game karyanya: Marathon, Marathon 2 Durandal dan Marathon Infinity dan menyediakannya tanpa biaya untuk dunduh. Pada kesempatan yang sama Bungie membebaskan mesin grafis Aleph One 1.0 dibawah lisensi GPL.

Game yang awalnya dikembangkan untuk komputer Mac OS X telah diperbaharui menggunakan graphic-engine open source Aleph One 1.0, semuanya terdiri dari tiga game yang dapat dijalankan baik di Mac OS X, Windows maupun di Linux dan tersedia di sourceforge.net.

Agar engine Aleph One 1.0 berjalan dengan baik dibutuhkan komputer dengan prosesor kecepatan minimal 500 MHz berikut memori tidak kurang dari 128 MByte RAM. Bila pengguna ingin memanfaatkan OpenGL-Renderer untuk kinerja yang lebih baik, Bungie menyarankan untuk memakai kartu grafis Nvidia atau ATI. Untuk Shader-Renderer diperlukan kartu grafis mulai dari tipe ATI Radeon 9600 atau Nvidia Geforce FX 5200 keatas. Pembaruan tampilan grafis kali ini dibandingkan dengan versi pertama Marathon antara lain adalah resolusi 16:9 dan textur HD.