Sabtu, 07 September 2013

openSUSE Tersedia Untuk Platform Raspberry Pi

Awal bulan ini pemgembang openSUSE Bernhard Wiedemann menerbitkan media dengan arsitektur Arm v6 yang cukup ramping (sekitar 82 megabyte dikompres) untuk platform Raspberry Pi.


Seperti disebutkan dalam sebuah blog Suse, untuk membangun media berbasis ARMv6 untuk komputer kecil menggunakan Script yang kini ditempatkan di folder /home/abuild/rpmbuild/SOURCES/ ini, Wiedemann hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit saja. Jadi, dengan  script tersebut, sekarang siapa saja dapat membangun media untuk Raspberry Pi mereka masing-masing.

Kelebihan dari media baru ini adalah, kecuali lebih kecil, namun juga lebih mudah dalam disesuaikan agar lebih ringan karena partisi root ditempatkan di belakang. Selain itu, media yang dihasilkan telah mendukung floating-point, sehingga dibandingkan yang lainnya lebih cepat dalam hal berhitung. Proses booting menurut Wiedemann hanya memakan waktu 55 detik saja.

Pengembangnya juga mengakui masih tersisa kelemahan pada media ini, yaitu versi kernel 3.1 yang dipasang agak dianggap kuno, disamping belum mengandung rutinitas penanganan kesalahan.

Pengembangnya juga menyebutkan ketersediaan sekitar 52.000 paket software untuk platform Arm di lumbungnya Kadal Ijo (openSUSE).