Kamis, 19 September 2013

ArtistX 1.5 Berbasis Raring Ringtail

ArtistX 1.5 berlandasan pada Ubuntu 13.04 (Raring Ringtail) berikut semua pembaruan dan mengemas hampir semua paket program audio, grafis 2D dan 3D, termasuk software video yang tersedia bebas untuk komputer dengan sistem operasi Linux. ArtistX dapat, namun tidak perlu diinstal karena langsung bisa di booting tanpa perlu ditularkan ke hard drive. File multimedia yang diproduksi mengunakan ArtistX dapat dengan mudah disimpan pada perangkat USB atau media CD/DVD saat digunakan.

Selama hampir sepuluh tahun keberadaan distribusi ini, telah dibangun lebih dari sepuluh versi termasuk ArtistX 1.5 multimedia studio. Versi yang menggunakan Ubuntu 13.04 sebagai basis pengembangannya ini, dapat menyulap sebuah komputer komoditas menjadi sebuah mesin studio profesional berfitur penuh untuk memproduksi multimedia.

ArtistX 1.5 memberdayakan versi kernel Linux 3.8, GNOME 3.6 dan mengemas sekitar 2.500 paket perangkat lunak bebas multimedia, termasuk hampir semua aplikasi yang eksis untuk sistem operasi GNU/Linux dan ditata rapi oleh pengembangnya Marco Ghirlanda asal Italia, di dalam menu yang mudah ditelusuri.

Sebagian dari perangkat lunak yang dikemas dalam LiveDVD ArtistX 1.5 dirinci dalam daftar yang tersedia di direktori penyimpanan software (/usr/bin), berisi lebih dari 5.000 paket binari.