Jumat, 20 September 2013

Zentyal 3.2 Server Bisnis Berbasis Ubuntu LTS

Zentyal telah merilis versi baru dari distribusi Small Business Server nya. Keunggulan utama dari Zentyal Server 3.2 adalah server untuk UMKM dan IKM ini menggunakan Ubuntu 12.04.3 LTS yang robust dengan dukukungan jangka panjang sebagai basis pengembangannya. Zentyal Server 3.2 secara resmi didukung oleh Canonical, dengan Label "Ubuntu Offically Supported", yang dapat meyakinkan pengguna perusahaan.


Sistem ini yang menggunakan versi update dari server Ubuntu 12.04.3 Precise, telah terpasang kernel 3.8 stabil aktual berupa backport dari Ubuntu repositori, dan versi Samba 4.1. Kecuali itu, manajemen front-end juga telah direvisi untuk rilis baru ini.

Zentyal Server 3.2 tersedia dalam tiga versi yaitu: (1) edisi komunitas yang dirilis di bawah GPLv2 dan bebas biaya (tanpa dukungan komersil), namun tidak mendukung fitur khusus seperti komponen untuk manajemen jarak jauh (remote management dan pemulihan bencana (Disaster Recovery). (2) Bagi kelompok pebisnis UMKM dan IKM dengan jumlah pengguna sampai 25 tersedia langganan dukungan (subscription) dengan biaya sebesar 50 euro per bulan, dan (3) versi Perusahaan berikut fitur tambahan termasuk server mail dan Goupware dengan biaya sebesar 120 euro per bulan.