Rabu, 18 September 2013

pfSense 2.1 Sokong IPv6 Lebih Baik

pfSense adalah software open source yang digunakan sebagai firewall dan router. Distro ini berlandasan pada FreeBSD dan berisi sistem paket untuk diinstal dan peningkatan. Pengambangan pfSense diawali pada tahun 2004 sebagai sebuah spin-off dari m0n0wall, namun lebih memfokuskan pada instalasi di PC dari pada di sistem hardware benam (embedded). pfSense juga menawarkan media instal berupa memori Flash.

Rilis baru pfSense 2.1 ini diluncurkan hampir tepat dua tahun setelah versi 2.0 dan membawa banyak fitur baru. Versi 2.1 dibangun menggunakan FreeBSD 8.3 yang juga sudah tersedia sejak lebih dari satu tahun lalu. Perubahan terbesar adalah dukungan untuk IPv6 pada GUI. Sistem ini sekarang mendukung instalasi paket-paket PBI yang berasal dari PC-BSD dan sangat terisolasi satu sama lainnya. Berbagai daemon telah dipecah dari sistem dasar untuk dipaketkan, sementara banyak komponen perangkat lunak lain diperbarui.

Rilis ini melakukan banyak perubahan misalnya pada antarmuka web, yang sekarang menggunakan jQuery mengantikan Prototype sebagai pustaka Javascript. Semua pembaruan dirinci dan dapat dibaca dari daftar perubahan dan fitur baru.

pfSense dikelola melalui antarmuka web, dan shell juga tetap tersedia. Sistem ini menawarkan banyak fitur lainnya, dan beberapa sistem pfSense dapat digunakan secara paralel untuk memastikan load balancing dan meminimalkan toleransi kesalahan.

Pengembangnya mengklaim bahwa pfSense sangat populer digunakan dan memiliki basis dukungan yang luas dari komunitas. Proyek ini juga menawarkan langganan dukungan profesional dalam beberapa varian dan menerbitkan buku "pfSense: The Definitive Guide".