Selasa, 17 September 2013

Google Coder: Belajar Web Gunakan Raspberry Pi

Para pengembang kreatif di Google Creative Lab ungkapkan sebuah proyek pengembangan web menggunakan platform Raspberry Pi. Proyek yang dibesarkan di GitHub ini adalah murni proyek sumber terbuka dengan tujuan menyulap RasPi menjadi sebuah platform sederhana (web server) yang dapat digunakan oleh para pendidik dan orang tua untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman web langsung dari browser.

Proyek ini merilis software khusus untuk RasPi yang dapat diunduh dari Google Coder for Rasppberry Pi. Setelah booting SD card dari Raspberry Pi, Anda dihadapkan pada antarmuka yang diakses melalui web browser pada komputer desktop yang tersambung. Dari sana, Anda dapat menelusuri pengembangan web seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Bila perlu dan ingin, Anda bahkan dapat mengetahui kode sumber dari proyek open source ini di penginangan proyek GitHub.



Coder bukan hanya bagi mereka yang baru ingin belajar mengembangkan web. Pengembang Google juga menyarankan platform ini juga bisa dijadikan tempat yang menyenangkan untuk bereksperimen dengan ide-ide baru, atau untuk membuat demo.