Rabu, 02 Oktober 2013

Peningkatan ke-10 Untuk Red Hat Enterprise Linux 5

Red Hat telah menerbitkan update kesepuluh untuk Red Hat Enterprise Linux 5 (RHEL 5) menyempurnakan dan mengaktualisasi dukungan hardware, pembaruan perangkat lunak dan koreksi atas kekliruan yang ditemukan selama ini. Selain itu, rilis baru ini mengemas semua update keamanan yang dirilis hingga saat ini.

Berbeda dengan update pada umumnya yang sekedar menyediakan perbaikan secara berkala untuk permasalahan yang ada, update yang ditawarkan Red Hat Enterprise Linux jangkauannya lebih dalam, disamping melakukan korektur juga menyediakan perubahan fungsional dan inovasi. Dengan demikian, produk RHEL versi 5.10 (Update 10) walaupun masih menggunakan kernel 2.6.18, namun telah ditambahkan ekstensi sebagai peningkatan fitur terhadap rilis sebelumnya.

Sebagai contoh, sistem ALSA telah diperbarui agar bisa mendukung lebih banyak kartu. Selain itu, Red Hat Enterprise Linux 5.10 menyertakan opsi baru panic_on_io_nmi yang memungkinkan pengguna untuk menentukan perilaku ketika interupsi non-maskable (NMI) terjadi. Kecuali itu, driver cciss telah diperbarui dan mendukung, antara lain server Proliant dengan teknologi HP SAS Smart Array.

Perubahan lain dalam distribusi ini juga termasuk update untuk paket-paket perangkat lunak yang disertakan. Yang baru misalnya adalah fitur MySQL 5.1 dan 5.5, yang dapat khusus diinstal berupa sarana alternatif paket metadata. Dengan demikian, Red Hat dapat mengemas RHEL 5.10 dengan tiga versi untuk MySQL. Paket-paket baru pada perpustakaan gcc juga telah mengakumulasikan pustaka GCC-Runtime, yang pada versi RHEL 5.9 masih terpisah.

Selanjutnya, RHEL 5.10 menyediakan kemungkinan dan opsi yang lebih luas dalam pengelolan langganan layanan (subscriptions). Menggunakan "Red Hat Support Tool", akses portal dukungan ("Support and Knowledge Portal) menjadi lebih mudah. Disisi keamanan RHEL 5.10 juga telah dipersenjatai dengan OpenSCAP, sebuah scanner untuk Security Content Automation Protocol. Daftar semua perubahan, koreksi dan paket yang diperbarui dapat ditelusuri di catatan rilis untuk versi ini.

Red Hat Enterprise Linux 5.10 tersedia dan dapat diunduh dari Red Hat Network (RHN) dalam rangka layanan dukungan (subscription) bagi yang telah memiliki akun RHN.