Selasa, 01 Oktober 2013

NOOBS 1.3 Tambahkan Fitur Baru

Noobs adalah singkatan dari "Out Of The Box New Software" diciptakan untuk membantu pengguna baru pada komputer kecil papan tunggal (SBC) Raspberry Pi (RasPi) untuk melewati rintangan pertama memasang software OS baru. Pengembang NOOBS menyertakan serangkaian sistem operasi untuk RasPi dalam kartu SD yang untuk kali pertama diterbitkan pada bulan Juni lalu (NOOBS 1.2.1). Pengembang yang sama sebelumnya telah menerbitkan installer yang serupa dengan nama Berry Boot yang juga dapat menginstal dan mengelola beberapa sistem operasi pada sebuah kartu SD.


Tidak sedikit pengguna Raspberry Pi adalah bukan dari kalangan yang telah mendalamani TI, dan banyak diantaranya adalah anak-anak sekolahan. Justru RasPi diciptakan untuk membangkitkan minat anak sekolahan disamping untuk masyarakat gaptek agar tertarik menekuni bidang TI.

Untuk memuluskan tujuan itu, proyek Raspberry Pi menyarankan agar pengguna RasPi yang kali pertama berhadapan dengan komputer munggil ini untuk menggunakan dan menginstal software New Out of Box Software (NOOBS) di kartu SD minimal 4GB (lebih besar lebih baik) yang berisi koleksi dari beberapa OS yang disediakan sebagai pilihan, termasuk Raspbian, Pidora dan dua jenis rasa XBMC. Menggunakan NOOBS, gonta-ganti OS jadi sangat mudah.

Noobs 1.3 yang dirilis beberapa hari lalu memiliki beberapa fungsi tambahan berupa aplikasi dan bahasa pemrograman baru termasuk bahasa Java yang diumumkan satu hari sebelumnya. Pada OS utama Raspbian (Debian Wheezy) telah ditambahkan fitur "Boot to Scratch" yang memungkinkan pengguna langsung menjalankan aplikasi pemrograman visual Scratch setelah booting. Kecuali itu NOOBS 1.3 juga telah menyediakan fitur Backup. Parameter konfigurasi awal NOOBS untuk penyetelan bahasa, papan ketik, dan konfigurasi layar monitor, kini dapat disimpan.