Jumat, 27 September 2013

Raspberry Pi Sekarang Bisa Basa Java

Menurut penciptanya, salah satu tujuan sejak lama dari Raspberry Pi adalah menyediakan set bahasa-bahasa pemrograman umum digunakan. Basa Java adalah termasuk bahasa pemrograman yang popular. Sejak awal Pi menjagokan bahasa pemrograman Python dan Scratch.

Secara resmi proyek Raspberry Pi mengumumkan penambahan Oracle Java 7 JDK di lumbung repositori Pi. Pilihan Java Oracle dibandingkan OpenJDK karena menawarkan keuntungan kinerja khususnya pada platform ARM yang cukup signifikan. Penambahan ini akan memperluas jangkauan aplikasi Java yang dapat berjalan dengan baik pada Pi.

Penerbitan cetakan kartu SD Raspbian mendatang akan dikapalkan berikut Oracle Java secara default. Pengguna juga dapat menginstalnya dengan mengetikkan perintah pada terminal:

sudo apt-get update && sudo apt-get install oracle-java7-jdk


Beberapa hari sebelumnya Richard Blair, manajer proyek OpenJFX juga melaporkan tentang DukePad yang mengajarkan basa Java pada Raspberry Pi.


DukePad adalah sebuah rancangan OSHW untuk sendiri (Do-It-Yourself) komputer tablet berdasarkan Raspberry PI dan JavaSE Embedded 8 ditanamkan didalamnya. Petunjuk membangun hardware sumber terbuka DukePad menggunakan perangkat lunak Raspbian Linux sebagai sistem operasi dan lingkungan JavaFX berbasis OSGi.