Selasa, 07 Januari 2014

Edison: Komputer Kecil Sebesar Kartu-SD Dari Intel

Setelah peluncuran Quark SoC di IDF empat bulan lalu, Intel kini hadirkan Edison di ajang CES 2014. CEO Intel Brian Krzanich memperkenal Edison dalam sambutannya pada malam CES di Las Vegas. Prosesor dual-core yang anyar ini diproduksi dengan proses teknologi 22nm dan menurut Krzanich adalah termasuk prosesor kelas Pentium. Dalam ukuran kartu SD, komputer ini telah mengandung fitur WLAN dan Bluetooth 4.0. Edison ditenagai sistem operasi Linux dan rencananya memiliki App Store. Bekerja sama dengan Wolfram, nantinya dapat menggunakan bahasa pemrograman Wolfram dan Mathematica.



Saat ini Edison ditargetkan untuk pengembang, dan untuk itu Krzanich berharap agar digunakan pengembang untuk membangun divais terhubung dan perangkat wearable generasi mendatang. Meski semikian, Intel saat ini telah menunjukkan contoh aplikasi "Nursery 2.0", berupa produk yang menggunakan SoC Edison tertanam dalam mainan untuk bayi yang melaporkan parameter vital bayi melalui jaringan nirkabel, dan dapat memicu pemanas susu ketika bayi menangis. Sensor yang dikenakan di pakaian bayi dapat mengukur panas, termasuk kondisi pernapasan dan detak jantung bayi tersebut.

Intel menyadari bahwa pengembang membutuhkan lebih dari sebuah contoh yang baik untuk memotivasi mereka. Untuk itu, perusahaan telah mengumumkan kompetisi "Make it Wearable", yang menawarkan hadiah hingga 1,3 juta dollar untuk pengembang yang memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan produk wearable.