Rabu, 30 April 2014

Internet of Things: Sistem Pemantau Banjir Dari dan Untuk Warga Oxford

Oxford Flood Network adalah proyek sain swadaya warga dengan tujuan untuk membangun sistem pemantau banjir di wilayah perairan setempat. Hal ini merupakan sebuah contoh aktivitas bagaimana masyarakat menjadi lebih terhubung dengan lingkungannya melalui Internet of Things (IoT), setelah banjir merundung Inggris sejak akhir tahun 2013.



Otak di balik proyek tersebut adalah Ben Ward, pendiri usaha startup Love Hz di Inggris. Perusahannya mengkhususkan diri dalam bidang jaringan sensor nirkabel, perangkat keras dan lunak open-source yang murah untuk digunakan memonitor tingkat air di wilayah banjir di Oxford, Inggris.

Ward merancang sensor yang murah, sekaligus mudah untuk dibangun dan di-instal oleh warga, sementara data yang dihasilkan dapat di publikasikan secara terbuka, sehingga siapapun dapat menggunakannya untuk membantu meningkatkan kepekaan dalam penyampaikan peringatan darurat, disamping untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap lingkungan dan ekosistem.

Setiap sensor dirancang untuk berfungsi di bawah jembatan atau emperan di atas air. Perangkat sensor dibangun berupa sebuah pengintai ultrasonik yang mengirimkan "ping" seperti halnya gelombang echo yang dipancarkan oleh kelelawar untuk menentukan (jarak) tingkat air dengan interval sekali setiap lima menit.

Jaringan yang memungkinkan sensor ini untuk berkomunikasi adalah dengan memanfaatkan celah yang masih kosong diantara dua saluran TV. Celah yang lazim disebut sebagai "TV White Spaces" atau TVWS ini, merupakan standar teknologi nirkabel terbuka "Weightless" yang sedang diusulkan untuk pertukaran data antara base station dan ribuan mesin IoT yang ada disekitarnya di sekitarnya.

Menurut Ward, Oxford Flood Network telah menciptakan sebuah cetak biru bagi masyarakat dalam membangun jaringan sensor mereka sendiri dan secara gotong royong menanggapi masalah-masalah yang terjadi disekitar mereka sendiri.

Rancangan perangkat open source dapat dipelajari lebih lanjut di OxFloodNet.co.uk, termasuk di lumbung penginangan proyek sumber terbuka Github.